Jadi Percontohan! Kelurahan Cibangkong Bangun Buruan SAE, Satu Lahan untuk 13 RW

Kepala DKPP Kota Bandung Gin Gin Ginanjar saat memberikan sambutan dan membuka kegiatan BBGRM ke-XX di Kelurahan Cibangkong, Sabtu (29/7/2023) / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), dalam rangka Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-XX, Kelurahan Cibangkong meresmikan Buruan SAE yang berada diatas lahan tidak produktif dan dimanfaatkan oleh warga masyarakat, pada acara yang berlangsung di Lapangan RW 03 Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal Kota Bandung pada Sabtu, (29/7/2023).

Dipantau langsung Beritainspiratif.com di lokasi, diperoleh informasi bahwa lahan tidak produktif tersebut memiliki luas sekitar 5.000 M2 dan diatas lahan tersebut berdiri 13 Buruan SAE yang dimiliki oleh RW 01 hingga RW 13, artinya 100 persen RW di Cibangkong memiliki Buruan SAE. (Sehat, Alami, Ekonomis). Dilokasi tersebut juga terdapat sumur tua yang airnya dapat dimanfaatkan untuk penyiraman tanaman dan ada juga kolam ikan.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung Ir Gin Gin Ginanjar, Camat Batununggal, Sekjen DPD LPM Kota Bandung, Ketua DPC LPM Batununggal yang juga anggota DPRD Kota Bandung, Lurah Cibangkong, Ketua RW 01 - 013, Ketua TP PKK, Karang Taruna, Ketua KIM Cibangkong yang juga penggiat lingkungan Eyang Tities.

Baca Juga: DPRD Kota Bandung Umumkan Pemberhentian Yana Mulyana Sebagai Wali Kota

Ketua Kelompok Tani Mandiri Kelurahan Cibangkong Ibu Neneng dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mensukseskan pembentukan Kelompok Tani Perkotaan Mandiri (KTPM) Kelurahan Cibangkong terutama rekan-rekan Gober.

“Kegiatan KTPM ini merupakan swadaya murni masyarakat, tetapi bantuan dari DKPP luar biasa sekarang kolam sudah ada ikannya, termasuk berbagai jenis tanaman. Hari ini kita menanam lain waktu kita akan memanen,” ujarnya.

“Diharapkan dengan adanya KTPM ini Kelurahan Cibangkong, menjadi lebih aman, nyaman dan asri berada di lahan ini, terutama oksigen bagi bapak/ibu semuanya dan semoga memberikan manfaat yang luar biasa,” pungkasnya.

Baca Juga: 36.000 Rumah di Kawasan Buahbatu Bisa Akses Air Bersih PDAM Tirtawening

Sementara itu Lurah Cibangkong Asep Supriatna menyampaikan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak dan dukungan yang kuat dari warga masyarakat serta DKPP, agar kebun ini bermanfaat bagi warganya.

“Diharapkan kebun ini dapat memperkuat ketahanan pangan, dan memperbaiki stunting yang ada di wilayah kami,” harapnya.

Dikesempatan yang sama Ketua DPC LPM Batununggal Riana yang juga anggota DPRD Kota Bandung menyampaikan bahwa hasil itu tidak akan menghianati usaha.

“Saya apresiasi terhadap aktivitas di Kelurahan Cibangkong. Jadi hakikat BBGRM intinya cuma tiga, satu pemberdayaan, dua fungsi gotong royong, ketiga LKK yang ada harus menjadi mitra pak lurah dan pak camat dari pemerintah. Sehingga harus berjalan bersama-sama, dan sukses bersama,” ujarnya.

“Mudah-mudahan di Cibangkong akan ada Sekolah Negeri, doakan saja,” lanjutnya.

Baca Juga: Raih 5 Besar Terbaik, Presiden Turki Erdogan Ucapkan Selamat Kepada Briptu Pol Tiara Nissa

Tonton Juga: Video BBGRM Ke-XX di Kelurahan Cibangkong

Camat Batununggal Latief pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran dan masyarakat yang sama-sama bergotong royong membangun Buruan SAE ini.

“Didalam lahan Buruan SAE ini telah disediakan 13 lahan (luas 5.000 M2, red) untuk seluruh jumlah RW 1-13 di Cibangkong dalam satu lokasi, sungguh luar biasa,” ujarnya.

“Mudah-mudahan kedepan, meskipun lahan ini milik yang lain, insya Allah kedepan ada kejelasan untuk kebermanfatan bagi warga masyarakat,” jelasnya.

Masih di acara yang sama, Sekjen DPD LPM Kota Bandung Wahyu Hidayat menyampaikan bahwa sesuai Permendari Nomor 42 tahun 2005 bahwa BBGRM itu mencakup 4 bagian.

“Pertama kemasyarakatan, kedua, di bidang ekonomi, ketiga di bidang sosial budaya dan agama, dan keempat bidang lingkungan,” tegasnya.

Wahyu juga berpesan kepada Eyang Tities, agar Radio Suara Cibangkong agar dihidupkan kembali.

“Lurah sebagai sumber informasinya,” ujar Wahyu.

“Jangan sungkan untuk terus menjalin komunikasi agar pembangunan dan pemberdayaan di Cibangkong dapat berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya.

Baca Juga: Daftar BURUAN SAE Penerima Anugrah Insan Pangan & Pertanian Kota Bandung

Pada puncak acara sambutan disampaikan oleh Kepala DKPP Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menyampaikan bahwa kalau kemarin ada acara apresiasi terhadap insan pangan dan pertanian, salah satu katagorinya adalah Kelurahan yang begitu support dan bisa membangun Buruan SAE minimal setengahnya.

“Kalau saya tahu ada Buruan SAE ini, harusnya jatuh ke Kelurahan Cibangkong,” ujarnya.

“Disini satu kelurahan 100 persen membangun Buruan SAE (13 RW, red),” tegasnya.

“Buruan SAE ini luar biasa, harusnya Plh Wali Kota yang meresmikannya,” ujar Gin Gin.

“Apresiasi juga kepada Eyang Titis sebagai penggiat pertanian, pecinta lingkungan dan publikasi,” tambahnya.

“Ada juga ibu Yeti dari Andir, yang akan membantu memproduksi berbagai makanan dan minuman yang unik dari Buruan SAE, bahkan menjadi bisnis” jelasnya.

“Juga ada dari Sukamiskin yang hadir dan akan membatu karena beliau penggiat lingkungan dan sering mempublikasikan karena beliau di media,” tambahnya.

Pada saat proses awal ini, lanjut Gin Gin saya sangat tertarik dan support, berbagai pihak dari Lurah hingga Camat karena begitu besar perhatian yang ditunjang oleh para Ketua RW.

“Kami akan membantu apa yang kami punya, dan ini luar biasa bagaimana pemberdayaan dibangun diatas kolaborasi dan ini ada di Cibangkong. Terima kasih kepada semua warga yang telah mendukung, atas kemauan dan niat untuk memulai dan ini tanggungjawab bersama bagaimana ini bisa dipertahankan,” lanjutnya

“Insya Allah, kami akan hadir kembali pada saat panen, karena ini akan menjadi percontohan banyak pihak. Untuk itu Kegiatan BBGRM Ke-XX LPM Kelurahan Cibangkong secara resmi saya buka,” pungkas Kepala DKPP Kota Bandung.

Acara dilanjutkan dengan melakukan penanaman tanaman di lahan Buruan SAE, diawali penanaman pohon secara simbolis pertama dilakukan oleh Kepala DKPP Kota Bandung, diikuti Camat Batununggal, Ketiga DPD LPM Kota Bandung, lalu Ketua DPC LPM Batununggal, dan diakhiri Lurah Cibangkong.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Canggih! Kamera CCTV di Kota Bandung Kini Mampu Mendeteksi Wajah

-AMSI AWARDS 2023 Akan Digelar di Kota Bandung

-Klinik 'INGGIT GARNASIH' Layanan Kesehatan Khusus Lansia, GRATIS!

-Pertamina Luncurkan BBM Baru 'Pertamax Green 95' Ini Keunggulannya!

-Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Beroperasi 18 Agustus 2023, Ini Rutenya!

-Daftar BURUAN SAE Penerima Anugrah Insan Pangan & Pertanian Kota Bandung

Berita Terkait