Dosen Digital PR Tel-U: Komunikasi Publik Visual KA Cepat Sudah Memadai



BERITAINSPIRATIF.COM - KA Cepat Whoosh telah memiliki kelengkapan dari sisi komunikasi publik secara visual. Penyempurnaan mendesak hanya tinggal dari sisi integrasi moda di Stasiun Tegalluar, Bandung.

Demikian dikatakan Dosen Digital Public Relations (DPR) Fakultas Komunikasi Bisnis Telkom University, Dr Muhammad Sufyan Abdurrahman di Bandung, Ahad (1/10/2023).

"Setelah ikut ujicoba publik Sabtu kemarin, saya lihat komunikasi publik secara visual sudah memadai, baik di Stasiun Tegalluar ataupun Halim. Penumpang benar-benar dipandu ke mana-mananya, tidak akan tersasar walau tak ada arahan secara verbal," katanya.

Ujicoba atas fasilitasi VP Public Relations PT KAI (Persero) Joni Martinus itu dilakukan akhir pekan kemarin (30/9) jam 14.00 dan sampai persis di Stasiun Halim jam 14.45. Selepas itu penumpang istirahat, dan berangkat dari Halim jam 15.30 dan sampai di Tegalluar jam 16.15.

Baca Juga: LUAR BIASA! Raih IPK 4,00 Athena Hastomo Lulus S2 UI di Usia 22 Tahun

Sufyan menjelaskan, panduan visual bahkan sudah tampak di area parkir Tegalluar dengan menunjukkan area keberangkatan.

Kemudian, dipandu naik lift ke area ruang tunggu dan pemeriksaan tiket dengan redaksi dan desain visual yg jelas, simpel, dan mudah difahami.

"Begitu masuk kereta, lebih banyak lagi petunjuk komunikasi visual. Beberapa berbentuk analog dalam sticker biasa yang statis, beberapa digital dalam panel elektrik dinamis," katanya.

Salah satu yang banyak jadi sorotan tentu saja panel elektrik di tiap gerbong yang menunjukkan kecepatan Whoosh, mulai dari rendah, sedang, hingga paling cepat kisaran 350 km/jam.

Selain bersifat intruksi, beberapa desain komunikasi visual juga dengan jelas bersifat larangan seperti merokok di dalam toilet. Ini pun tetap dibantu komunikasi verbal dengan kehadiran petugas pramugari sebelum keberangkatan, serta inspeksi kondektur dan petugas keamanan dalam perjalanan.

"Saya kira semua sudah lengkap secara komunikasi publik visual. Yang harus disegerakan saya lihat adalah integrasi moda di Tegalluar yang belum terkoneksi transportasi publik seperti di Halim yang terintegrasi dengan LRT dan Trans Jakarta," pungkasnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024

-Pendaftaran Calon ASN 2023 Dibuka, Berikut Link, Jadwal dan Syaratnya

-Mulai 2024 Angkot di Kota Bandung Bakal Diganti dengan Mikrobus

-Jadwal Operasi Pasar Beras Murah di 30 Kecamatan Kota Bandung, Cek Harganya!

-Kemendagri Ganti Warna Seragam LINMAS Menjadi Abu-Abu

-Daftar Peraih Penghargaan Kang Pisman Award 2023 dan Lomba Kebersihan Kota Bandung

Berita Terkait