Kolaborasi, Donor Darah dan Pemeriksaan Gratis Digelar di RW 17 Sukamiskin



Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Bertempat di gedung Serba Guna RW 17 Sarimas Jalan Sarimas III Nomor 49 Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung digelar Donor Darah Bersama Kita (DOBRAK)  melalui tagline “Setetes darahmu akan membantu menyelamatkan mereka” berlangsung Selasa (3/10/2023) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan secara gratis ini merupakan kolaborasi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, UPT Puskesmas Kecamatan Arcamanik, PMI Kota Bandung, Dobrak, Posbindu, Posyandu Manggis dan RW 17 Kelurahan Sukamiskin.

Dipantau Beritainspiratif.com di lokasi acara, persyaratan bagi pendonor adalah berbadan sehat, berat badan minimal 45 Kg, berusia 17-59 Tahun serta lulus skrining kesehatan pada saat donor. Panitia juga menyediakan konsumsi dan souvenir bagi pendonor.

Baca Juga: Bandung Connecticity 3.0 - Sampah Kota Bandung Bisa Dipantau Lewat BWM

 

Ditemui di lokasi Dokter Gozali dari Fakultas Kedokteran Unpad Bandung menyampaikan terima kasihnya kepada Pengurus RW 17 Sarimas, Posyandu Manggis yang telah memfasilitasi niat baik kami untuk menyelesaikan kekosongan labu darah dan sekaligus melakukan skrining masalah anemia terkhusus pada warga RW 17 Sarimas.

“Kegiatan ini tidak hanya melibatkan tim Posyandu, kami juga melibatkan mahasiswa Fakultas Kedokteran Unpad, agar dapat secara dini berkontrubusi untuk kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: Penyuluhan Kesehatan di POSBINDU, Dokter Gozali Ajak Warga Hindari Gula dan Tepung, Ini Risikonya!

 

Dokter Gozali juga menyampaikan bahwa kegiatan ini juga difasilitasi oleh PMI Kota Bandung untuk melakukan skrining dan pengambilan darah.

“Kami juga melibatkan UPT Puskesmas Arcamanik untuk bersama-sama dan membantu mengikuti program penuntasan masalah anemia,” jelasnya.

“Jadi kegiatan ini yang utama kami jalankan adalah skrining terhadap anemia dan itu rutin kami jalankan, Ini jadi fokus kami pada program penuntasan anemia,”tambahnya.

Terkait donor darah yang memerlukan jeda waktu kurang lebih 3 bulan. Dokter Gozali berharap mudah-mudahan bulan depan kami bisa menjalankan kembali untuk masyarakat disini.

Tonton Juga: Video Pemeriksaan Gratis RW 17 Sukamiskin

Selanjutnya adanya syarat usia pendonor dibatasi usia 59 tahun oleh PMI Kota Bandung, Dokter Gozali mengungkapkan bahwa penetapan batas usia tersebut adalah usia maksimal untuk regenerasi  sel darah merah.

“Pada batas usia tersebut merupakan usia terendah untuk bisa meng-generasi kembali, walaupun tetap bisa, namun dengan adanya pengeluaran darah tentu diperlukan adanya peningkatan pembentukan darah lagi,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama ditemui di lokasi Ketua RW 17 Sarimas Andang Purwantoro mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari acara peringatan HUT ke-78 RI sekaligus memperingati Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-213 Tahun 2023 dengan diisi acara yang bersifat kemanusiaan yaitu donor darah.

“Kegiatan ini terlaksana melalui support dari PMI Kota Bandung, Unpad beserta mahasiswanya, lalu UPT Puskesmas Arcamanik, Kalbe Farma dan Ibu-Ibu Posbindu, Posyandu Manggis,” ungkap Ketua RW 17 Sarimas.

Andang menjelaskan acara ini tidak hanya donor darah tapi juga pengecekan kesehatan lainnya dan alhamdulillah semuanya gratis.

Baca Juga: Catat! Ada Warga yang Buang Sampah Sembarangan di Kota Bandung, Laporkan Kesini

 

“Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk warga untuk cek kolesterol, gula darah, kepadatan tulang, tensi, lambung dan lainnya. Alhamdulillah semuanya gratis. Ini juga bagian dari kepanitiaan 17 Agustus yang masih berlangsung,” terangnya.

“Selain kami telah menginformasikan kepada warga RW 17 Sarimas, kami juga mengundang warga RW terdekat seperti RW 01 dan RW 02 Sukamiskin,” lanjutnya.

Di bagian akhir Dokter Gozali menghimbau masyarakat mari kita berdonor darah, karena setetes darah Bapak/Ibu semua, adalah kehidupan bagi yang lain.

“Semoga Bermanfaat,” pungkasnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024

-Pemkot Bandung Harapkan Forum RT RW Lahirkan Atlet Tenis Meja Berprestasi

-ITB Buka Lowongan CPNS Dosen Sebanyak 87 Formasi Tahun 2023

-Forum RT RW Kelurahan Margasari Juara Turnamen Tenis Meja Se Kota Bandung

Berita Terkait