Gempa Garut M6,5 Dimutakhirkan Jadi M6,2 Tidak Berpotensi Tsunami

dok.BMKG


BERITAINSPIRATIF.COM - Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 6,6 yang berpusat di Kabupaten Garut, pada Sabtu (27/4/2024) pukul 23.29 WIB. Gempa terasa di sejumlah daerah di Jawa Barat.

"Gempa Mag:6.5, 27-Apr-2024 23:29:47WIB," tulis keterangan BMKG.

Adapun lokasi gempa berada di titik koordinat8.42LS, 107.26BT atau 151 km Barat Daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga: Jadwal Pilkada Serentak 2024 dan Honor Petugas PPK, PPS, Pantarlih & KPPS

BMKG menyebut, informasi gempa mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data.

BMKG memastikan gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. "Tidak berpotensi tsunami," jelas BMKG.

BMKG juga mencatat, gempa dirasakan di Sukabumi, Bandung, Tangerang, Tangerang Selatanl, Bogor, DKI Jakarta, Kebumen, Banyumas, Cilacap, Bantul, Sleman, Kulonprogo, Trenggalek. Getarannya berbeda-beda.

Baca Juga: Pemkot Bandung Bakal Terapkan Jalan Braga Bebas Kendaraan Minggu Depan

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa bumi di wilayah Garut itu tepatnya terjadi di laut Samudera Hindia Selatan Jawa Barat pada Sabtu (27/4) sekitar pukul 23.29 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,2," ujarnya dalam akun X @DaryonoBMKG, dikutip Minggu (28/4).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, melakukan pemantauan seluruh daerah untuk mengetahui dampak setelah terjadi gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 6,5 dan dimutakhirkan menjadi 6,2 yang berpusat di Garut, Sabtu (27/4), sekitar pukul 23.29 WIB.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Berita Terkait