Latsitarda Nusantara XLIV/2024 di Balikpapan Kaltim Resmi Dibuka

Penyerahan peralatan berupa cangkul kepada peserta Latsitarda Nusantara XLIV/2024 / (HO-Penrem 091/ASN)


BERITAINSPIRATIF.COM - Danjen Akademi TNI Letnan Jenderal TNI Rudianto, dan Kalemdiklat Polri Komjen Pol Purwadi Arianto, pimpin upacara pembukaan dan kirab Latsitardanus XLIV/2024 di Lapangan Merdeka Balikpapan, Senin (6/5/2024).

Tampak hadir Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Pangdam VI/MLW Mayjen Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto, Walikota Balikpapan, Pejabat Utama Polda dan Kodam VI/MLW, Forkopimda Kaltim.

Latsitardanus XLIV/2024 mengangkat tema Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara menuju Kalimantan Timur yang maju dan unggul.

Kegiatan tersebut merupakan realisasi kegiatan integrasi taruna yang pada akhir ajaran sebelum menyelesaikan tugas Pendidikan dan dilantik menjadi perwira oleh Presiden RI pada bulan Juli 2024.

Baca Juga: Bendera Merah Putih Terpanjang di Indonesia Membentang di Kota Jayapura, Pecahkan REKOR MURI

Dalam sambutannya, Danjen Akademi TNI mengatakan latihan yang diselenggarakan bertujuan memberikan pembekalan kepada para Taruna TNI, Taruna Akpol, Taruna Praja IPDN, Taruna Poltek SSN, Taruna UNHAN RI sebagai kader pemimpin di masa depan.

Memupuk dan memanfaatkan serta memanunggalkan antara TNI-Polri dengan semua stakeholder dan masyarakat. Menanamkan dan menumbuhkan kebanggaan jiwa kejuangan, cinta tanah air serta semangat integrasi seluruh peserta Latihan sebagai upaya membangun soliditas TNI-Polri dan masyarakat.

Baca Juga: Kapolri Lantik Brigjen Dwi Irianto sebagai Kapolda Sultra

Para taruna siap melaksanakan kegiatan selama latihan yang di implementasikan dalam bentuk sasaran fisik karya bhakti berupa perbaikan rumah ibadah, perbaikan pos kamling, perbaikan rumah tidak layak huni, pembersihan saluran air/drainase, pembersihan sungai, perbaikan dan pengaspalan jalan/pavingisasi, pembuatan tugu Latsitarda dan desa digital.

“Sedangkan untuk sasaran non fisik dilaksanakan riset sosial, penyuluhan tentang kesehatan, bahaya narkoba, wisata sejarah dan pendidikan kesadaran bela negara, promosi Akademi TNI, Akpol, Poltek SSN, Kadet Unhan dan IPDN,” ucap Letnan Jenderal TNI Rudianto.

Seluruh peserta Latsitardanus nantinya akan melakukan latihan gabungan dan ditempatkan di lima kabupaten/kota di Kalimantan Timur, yakni Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, Paser dan Penajam Paser Utara.

Pembukaan Latsitardanus XLIV/2024 atraksi Marching Band Taruna dan kirab yang diperagakan oleh ratusan Taruna.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Berita Terkait