Bendera Merah Putih Terpanjang di Indonesia Membentang di Kota Jayapura, Pecahkan REKOR MURI

Bendera Merah Putih Terpanjang di Indonesia yang mencapai 10 kilometer membentang di Kota Jayapura, Rabu (1/5/2024) / Dispenad


BERITAINSPIRATIF.COM - Pos Komando Utama (Kout) Satuan Tugas Pengamanan Statis RI-PNG Yonif 122 /TS bersama Pemda setempat, memecahkan rekor Muri pada peringatan ke-61 tahun Integrasi Papua ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang dirayakan dengan begitu semarak di Kota Jayapura, Papua, Rabu (1/5/2024).

Kegiatan yang diinisiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura ini, masuk dalam catatan Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai “Pembentangan Rangkaian Bendera Merah Putih Terpanjang di Indonesia”, yaitu mencapai 10 kilometer.

"Capaian ini mengalahkan rekor sebelumnya, yakni pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 7,8 kilometer di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, pada Agustus 2023," ungkap Pasi 2/Ops Satgas Yonif 122/TS Letda Inf Muhammad Tawakal, mewakili jajaran Satgas dan personel Satgas yang hadir.

Baca Juga: Raih Juara Umum MTQ ke-38 Tingkat JABAR, Kafilah Kabupaten Bekasi Banjir Bonus

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa ribuan warga yang larut dalam perayaan tersebut merupakan pencapaian dalam membangkitkan semangat kebanggaan dan nasionalisme, sejalan dengan visi dan misi dalam menggelorakan kebanggaan terhadap bangsa dan negara.

Dalam kegiatan tersebut, personel Satgas Yonif 122/TS dibantu personel Kodim Jayapura, juga melaksanakan pengamanan dan berpartisipasi dalam kegiatan pengibaran bendera merah putih di sepanjang jalan itu.

Baca Juga: Kolonel (Pnb) Alfian Jabat Danlanud Husein Sastranegara yang Baru

Adapun pembentangan bendera dilakukan di sepanjang jalan dari kawasan Pantai Hamadi, melintasi Jembatan Youtefa, hingga ujung pesisir Pantai Holtekamp.

Massa yang terlibat, datang dari berbagai kalangan. Mulai dari jajaran instansi pemerintahan, badan usaha daerah, swasta, pelajar, paguyuban, hingga masyarakat umum.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan aman, masyarakat tampak antusias mengikuti pemecahan Rekor Muri tersebut, dengan mengibarkan bendera merah putih penuh semangat bela negara. 

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Berita Terkait