Sosok Inspiratif Bripka Septinus Arui, Polisi Tapal Batas dan Pedalaman Peraih HOEGENG AWARDS 2024

Bripka Septinus Arui saat menjadi guru pengganti di sebuah SD di Kampung Wasnembri sejak 2015 / Foto: Humas Polri


BERITAINSPIRATIF.COM - Gelaran Hoegeng Award 2024 resmi ditutup dan menghasilkan 5 kategori Polisi teladan yang meraih Hoegeng Award 2024 yakni Polisi Inovatif, Polisi Berdedikasi, Polisi Pelindung Perempuan dan Anak, Polisi Tapal Batas dan Pendalaman serta Polisi Berintegritas. Acara malam puncak Hoegeng Awards 2024 digelar di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, Jumat (12/7/2024).

Pada kesempatan tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku bangga terhadap para peraih anugerah Hoegeng Awards 2024. Kapolri menilai para penerima Hoegeng Awards 2024 ini semakin baik.

“Kalau kita ikuti tahun ketiga ini dengan membuat Dewan Pakar pusing memilih, saya melihat kualitas yang mendapat nominasi semakin bagus,” ujar Kapolri.

Salah satu penerima penghargaan Hoegeng Awards 2024 adalah Bripka Septinus Arui, ia meraih Hoegeng Awards 2024 dengan kategori Polisi Tapal Batas dan Pedalaman.

Bripka Septinus Arui merupakan sosok Bhabinkamtibmas dari Kampung Ayambori, Kabupaten Manokwari yang mengabdi kepada dunia pendidikan sebagai guru pengganti di sebuah sekolah dasar (SD) di Kampung Wasnembri.

Baca Juga: Inilah Daftar 5 Polisi Teladan Peraih Anugerah Hoegeng Awards 2024

Penghargaan Hoegeng Awards 2024 kategori Polisi Tapal Batas dan Pedalaman ini ini dibacakan oleh anggota Dewan Pakar Hoegeng Habiburokhman, sedangkan Trofi untuk Bripka Arui diserahkan langsung oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Sosok Bripka Arui yang telah menjadi guru pengganti pada sebuah SD di Kampung Wasnembri sejak 2015, mengingat guru utama di sekolah itu enggan mengajar karena terkendala jarak.

Bripka Arui mengajar secara sukarela, tanpa menerima imbalan sepeser pun.

Lokasi SD tersebut terpencil dan sudah lama tak ada aktivitas hingga kondisinya memprihatinkan.

Baca Juga: Serentak! Operasi Patuh Jaya 2024 Dimulai 15 Juli, Inilah 14 Jenis Pelanggaran yang Jadi Target

Di awal Bripka Arui mengajar, akses kendaraan belum ada di sana, dia harus berjalan kaki sejauh 3-4 kilometer (Km). Medannya juga melewati rawa-rawa. Namun sekarang sudah ada perbaikan jalan.

Selama kekurangan guru, Bripka Arui menggandeng pendeta setempat, hingga dibantu warga lulusan SMA untuk mengajar anak-anak.

Atas dedikasi luar biasa Bripka Septinus Arui yang mengabdi diluar tugas pokoknya, Bripka Septinus pun dianugerahi 3 penghargaan dari instansi di wilayahnya yakni dari Pemerintah Kabupaten Tambrauw, Dinas Pendidikan Kabupaten Tambrauw dan Kapolres Manokwari, hingga dikukuhkan sebagai penerima Hoegeng Awards 2024 kategori Polisi Tapal Batas dan Pedalaman.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

-Inilah Rangkaian Acara Hari Jadi ke-214 Kota Bandung hingga Bulan Oktober 2024

-Pengurus FK KIM Kota Bandung Masa Bakti 2024-2027 Dilantik, Ini Pesan Diskominfo!

-Perjalanan Karir DHARMAWAN, Pj Sekda Kota Bandung yang Baru

-Pemakaman di Kota Bandung Tak Perlu Datang ke TPU! Cukup Daftar via Aplikasi SIMPELMAN

Berita Terkait