Kunci Sukses Leonard Hartanto, Wisudawan Terbaik UNPAD dengan IPK Sempurna 4.0

Leonard Hartanto Jososudarmo, Wisudawan Terbaik Program Sarjana di Upacara Wisuda Gelombang IV Tahun Akademik 2023/2024 / dok. Unpad


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Leonard Hartanto Jososudarmo terpilih sebagai wisudawan terbaik program Sarjana pada Upacara Wisuda Universitas Padjadjaran Gelombang IV Tahun Akademik 2023/2024 di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jl. Dipati Ukur 35 Bandung, Selasa 6 Agustus 2024.

Leonard lulus dengan IPK sempurna 4, memperoleh predikat Pujian, dan lulus Program Studi Kedokteran dalam waktu kurang lebih 3 tahun,

Selama kuliah, Leonard aktif mengikuti berbagai kegiatan baik akademik maupun non-akademik.

Keberhasilan Leonard tidak lepas dari sikap disiplin yang ia terapkan. Misalnya dalam mengatur kegiatan sehari-hari, Leonard melakukan manajemen waktu menggunakan aplikasi seperti Google Calendar dan Notion.

Leonard juga cenderung berusaha lebih keras agar dapat mencapai target yang ingin dicapai.

“Saya berusaha sebenarnya. Kalau yang lain, misalkan satu, saya berusaha lebih banyak, misalkan seribu, seribu kali, dan jangan lupa juga berdoa,” saran Leonard dilansir laman resmi Unpad.

Baca Juga: Selamat! Prof. Arief S. Kartasasmita Rektor Unpad Terpilih Periode 2024-2029

Pada bidang akademik, Leonard mengikuti Asian Medical Students’ Association International (AMSA) dan Science and Research Center (SRC).

Berkat kedua organisasi tersebut, Leonard berhasil menjadi Top Scorer dalam IMPhO (Indonesian Medical Physiology Olympiad) 2023, Semifinalist dalam CMU-IMC (Chiang Mai University International Medical Challenge) 2023, serta Quarterfinalist dalam SIMPIC (Siriraj International Medical Microbiology, Parasitology and Immunology Competition) 2023.

Leonard juga aktif pada bidang non-akademik dengan bergabung dalam UKM Basket. Leonard dan tim berhasil meraih juara 3 dalam kompetisi METASTASIS 2023.

Baca Juga: Daftar Wisudawan Terbaik UNPAD Gelombang IV 2024 Paling Senior 62 Tahun

Leonard menyarankan agar para mahasiswa tidak menerapkan “Sistem Kebut Semalam” karena akan membuat tugas semakin menumpuk. Ia juga menyarankan untuk mengerjakan tugas sesuai tingkat kepentingannya dengan menggunakan skala prioritas.

“Misalkan ada kerjaan, mana yang lebih urgent itu nanti diklasifikasikan dulu. Lalu, mana dulu yang dikerjakan, jadi biar lebih tepat juga,” jelas Leonard

Selama masa kuliah, Leonard sangat terbantu dengan bantuan serta dukungan dari para dosen, staf pengajar, serta rekan-rekan dari Fakultas Kedokteran Unpad.

Di masa depan, Leonard berharap agar Unpad tetap maju dan berkembang.

“Kita bersama-sama untuk memajukan Unpad,” pungkasnya. *

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Berita Terkait