127.000 Warga dari Berbagai Elemen di Kota Bandung Serentak Bebersih Bandung

Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono usai membuka kegiatan 'Bebersih Bandung' dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-214 Kota Bandung (HJKB), berlangsung Selasa 17 September 2024 / Humas Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com – Warga Kota Bandung serentak dimulai pukul 07.30 Wib menggelar kegiatan "Bebersih Bandung" dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-214 Kota Bandung (HJKB), berlangsung Selasa 17 September 2024.

Pada kegiatan tingkat kota, kegiatan Bebersih dipusatkan di kawasan Alun-alun Bandung dan sekitarnya.

Bebersih ini melibatkan 127.000 warga dari berbagai elemen.

Acara serupa secara serentak juga digelar di tingkat Kecamatan dan tingkat RW di Kota Bandung.

Kegiatan Bebersih Bandung ini dilakukan dengan membersihkan jalan, trotoar, drainase, serta melakukan pengecatan vandalisme dan membersihkan tumpukan sampah liar lainnya.

Sebagai informasi, Bebersih Bandung tingkat kota meliputi Kawasan Jalan Dalem Kaum, Jalan Palestina, Jalan Asia Afrika, Jalan Otista, dan Jalan Sudirman.

Baca Juga: Pendaftaran Petugas KPPS Pilkada Serentak 2024 Dibuka, Ini Syaratnya!

Peserta yang terdiri dari Wali Kota Bandung, Forkopimda, Sekda, Kepala OPD, ASN, serta berbagai komunitas dan organisasi masyarakat DPD LPM, Forum RT RW Kota Bandung dan lainnya siap bergotong royong membersihkan jalan, trotoar, drainase, serta melakukan pengecatan vandalisme dan pembersihan tumpukan sampah liar.

Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono dalam upacara pembukaan mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur dan kepedulian warga Kota Bandung guna mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman.

"Ini merupakan kepedulian kita ingin Kita Bandung selalu dan dijadikan tempat yang nyaman untuk kita tinggal dan dikunjungi. Bandung ini lokomotifnya adalah pariwisata.

Oleh karenanya ini adalah sebuah tonggak sejarah untuk kita jauh lebih peduli terhadap kota," kata Bambang di sela-sela Bebersih Bandung di tingkat Kota yang berlangsung di Jalan Soekarno Kota Bandung.

Baca Juga: Saldo E-Toll Kurang Saat di Gerbang Pintu Tol Jangan Mundur, Begini Langkahnya!

Bambang menyampaikan kegiatan Bebersih Bandung ini merupakan upaya Pemkot Bandung untuk mencegah terjadinya banjir terutama menjelang musim penghujan.

"Ini adalah sebuah momentum untuk kita semua berkomitmen bahwa kita betul betul peduli dengan lingkungan yang ada di kota Bandung," ujarnya.

Menurutnya, momen Hari Jadi ke-214 Kota Bandung harus menjadi semangat gotong-royong dan kolaborasi warga kota Bandung.

"Oleh karenanya, mari kita saling mengingatkan di antara kita semua untuk kita jauh lebih peduli Ini adalah sebuah manifestasi dan sebuah tonggak sejarah bagi kita semua untuk kita jauh lebih peduli terhadap Kota Bandung," ungkapnya.

Kegiatan serupa juga dilakukan di seluruh kecamatan di Kota Bandung. Setiap kecamatan menentukan satu lokasi untuk dibersihkan.

Para peserta terdiri dari Kepala OPD, ASN, Camat, Forkopimcam, Lurah, dan berbagai organisasi lokal yang bersama-sama membersihkan jalan, trotoar, drainase, dan tumpukan sampah liar.

Baca Juga: Kendaraan Sudah Dijual, Korlantas Polri: STNK Wajib di Blokir

Di tingkat RW, kegiatan bersih-bersih melibatkan seluruh RW di Kota Bandung. Setiap RW menentukan satu lokasi, termasuk pengurus RW, pengurus RT, DKM, Posyandu, Karang Taruna RW, dan masyarakat setempat yang fokus membersihkan lingkungan sekitar mereka.

Selain menyemarakkan Hari Jadi ke-214 Kota Bandung (HJKB), acara ini bertujuan untuk mengajak warga menjaga kebersihan lingkungan dengan semangat gotong royong, menjadikan Bandung lebih bersih, indah, dan nyaman bagi semua. 

Salah satunya ditunjukan oleh Komunitas Tionghoa Peduli. Dengan penuh semangat puluhan anggotanya bergotong royong membersihkan trotoar Jalan Soekarno. Salah satu perwakilan Komunitas Tionghoa Peduli.

Stenick Yustanto mengatakan komunitasnya merasa terpanggil untuk memelihara kebersihan kota Bandung.

Selain ikut serta dalam Bebersih Bandung, Komunitas Tionghoa juga membagikan 500 kaos kepada warga dalam Bebersih tersebut.

"Kita sediakan seragam untuk ikut bebersih Kota Bandung sebanyak 500 kaos. Semoga Kota Bandung dengan Pemkot yang ada sekarang depan bisa lebih solid mewujudkan Bandung bersih dan rapih," ungkapnya.

Baca Juga: Bawaslu Kota Bandung Buka Pendaftaran Pengawas TPS Pilkada Serentak 2024

Hal senada juga diungkapkan, oleh Ketua Wilayah 1 Lions Group, Lion Irwandi. Ia bersama 40 anggota Lions Group juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan Bebersih Bandung.

Menurutnya, partisipasi ini merupakan kebanggaan untuk bersama mewujudkan kebersihan di Kota Bandung terutama menjelang Hari Jadi ke-214 Kota Bandung.

"Kota Bandung ini harus kita pelihara dengan cara ya seperti hari ini kita melakukan bebersih agar jadi tempat kota wisata dan semua orang yang datang ke Bandung merasa aman nyaman dan bersahabat," ujarnya.

"Kita harus selalu memberikan contoh yang terbaik untuk dan dari kota Bandung sendiri. Selamat hari ulang tahun kota Bandung yang ke 214 sukses selalu," imbuhnya.

Selain komunitas ada pula organisasi masyarakat yang hadir dalam Bebersih Bandung. Salah satunya, DPD LDII Kota Bandung.

Ketua DPD LDII Kota Bandung, Edi Sunandar mengaku menyebar seluruh anggotanya untuk bergotong royong di seluruh wilayah Kota Bandung. Selain itu, ia bersama 125 anggota lainnya pun melakukan bersih-bersih di sekitar Jalan Asia Afrika.

"Acara bersih-bersih Bandung ini sangat positif dan banyak kemaslahatan. Tentunya bersih-bersih ini dalam rangka kita menciptakan lingkungan yang baik yang sehat yang asri juga," katanya.

Ia berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan hanya di momen-momen tertentu saja, melainkan setiap hari warga Kota Bandung bisa menjaga lingkungannya.

"Dari semula sering membuang sampah sembarangan menjadi kita buang sampah pada tempatnya. Bahkan lebih jauh lagi kita bisa memilah sampah sehingga masih bisa berdaya guna masih bisa dimanfaatkan," pungkasnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Berita Terkait