AHY Raih Gelar Doktor dari UNAIR Predikat Cumlaude

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) foto bersama usai meraih gelar Doktor pada acara Ujian Doktor Terbuka di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Senin (7/10/2024) / dok. Unair


BERITAINSPIRATIF.COM - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berhasil meraih gelar Doktor pada acara Ujian Doktor Terbuka di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Senin (7/10/2024).

Dalam sidang terbuka itu, AHY menyampaikan disertasinya yang berjudul ‘Transformational Leadership and Human Resources Orchestration Towards Indonesia Emas 2045'.

"Latar belakang pemikiran disertasi ini diawali dari fakta; negara kita kaya akan sumber daya alam. Secara kuantitas, sumber daya manusianya juga melimpah," papar AHY saat sidang disertasinya.

Baca Juga: Profil AHY, Pemilik 3 Gelar Master Dilantik Jadi Menteri ATR / BPN

Predikat Cum Laude

Rektor Unair, Prof Mohammad Nasih, sebagai pimpinan sidang terbuka menyatakan bahwa disertasi AHY diterima dan AHY dinyatakan lulus dengan predikat cum laude.

"Memperhatikan peraturan dan wewenang yang ada pada Sekolah Pascasarjana Unair, maka dengan ini pimpinan sidang memutuskan bahwa disertasi promovendus diterima. Dengan demikian Saudara Agus Harimurti Yudhoyono telah menyelesaikan pendidikan doktor dalam Program Studi pengembangan SDM serta dinyatakan lulus dalam masa studi 3 tahun 1 bulan 3 hari, dengan predikat cum laude," ujar Rektor Nasih dikutip laman resmi Unair.

Kepada AHY diberikan hak untuk memakai gelar doktor dengan hak dan kewajibannya serta kehormatan yang menurut hukum melekat pada gelar itu.

Rektor UNAIR, Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak bertindak sebagai pimpinan sidang pada sidang doktor terbuka ini. Kemudian, sebagai promotor Prof Badri Munir Sukoco SE MBA PhD, serta para penyanggah sidang, yang salah satu diantaranya adalah mantan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA.

Baca Juga: Prof. Arief S. Kartasasmita Dilantik Jadi Rektor Unpad 2024-2029, Ini Profilnya!

Turut hadir pada sidang ini ayahanda AHY, yang juga Presiden RI ke-6, Prof Dr H Susilo Bambang Yudhoyono, istri AHY, Annisa Pohan, adiknya, Edhie Baskoro, Aliya Rajasa, dan keluarga AHY lainnya. 

Sidang terbuka ini merupakan sidang promosi Doktor yang terlaksana setelah penguji menyatakan AHY lulus pada ujian sidang tertutup pada Kamis (12/9/2024) lalu. Meskipun ia sedang menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), AHY mampu menyelesaikan proses perkuliahan dan semua persyaratan akademik untuk memperoleh gelar Doktor.

Ujian Sidang Terbuka ini berlangsung lancar dan memberikan insight baru, bahwa kepemimpinan transformasional mampu menjadi poros bagi bangsa yang mempunyai visi baik kedepan. Kemudian, orkestrasi sumber daya akan selalu menyesuaikan seiring dengan kemajuan jaman, kearifan lokal, dan heterogenitas Indonesia.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Berita Terkait