Temui Bobotoh di Kota Sukabumi. Ridwan Kamil Nobar Persib



Kota Sukabumi, Beritainspiratif.com - Di sela-sela waktu kampanyenya, kandidat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menemui bobotoh untuk nonton bareng (nobar bareng) live di cafe Capitol kota Sukabumi, Minggu (8/4).

Kang Emil sapaan Ridwan Kamil mengepalkan tangannya saat Persib berhasil membobol gawang Kukar 2-0.

Kang Emil bergabung nobar di ronde kedua laga Persib - Kukar. Pertandingan liga Gojek 1 itu berlangsung di lapangan GBLA Bandung. Begitu tiba di cafe Capitol, kedatangannya bersama

istrinya, Atalia Praratya disambut lagu Persib dan joget Persib dari para bobotoh.

Kang Emil pun menonton di layar lebar yang terbentang di tengah ruangan kafe tersebut bersama 500-an bobotoh. Hadir pada acara itu kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Sukabumi dan komunitas kreatif anak muda, seperti Metal Head, Sukabumi Undur, dan komunitas skateboard.

Suasana nobar semakin meriah malam itu. Tetabuhan dan lagu Persib dinyanyikan sepanjang pertandingan berlangsung.

Raja dari Kerajaan Viking Sukabumi

Risris Rizal Ali Perkasa mengaku bangga dan bahagia karena malam itu Ridwan Kamil hadir diantara bobotoh.

"Malam ini spesial banget karena kedatangan Kang Emil ke sini. Semoga Persib makin besar," kata dia.

Menurut Risris, nobar sering dilakukan di kafe-kafe, tapi malam ini, bobotoh mendapat suntikan energi positif dengan kehadiran Kang Emil. Untuk menjaga agar bobotoh semakin disukai warga maka pada saat nobar, pengurus Viking sering memberikan sosialisasi agar bobotoh dapat berprilaku santun, taat berlalu lintas dan menjauhi tawuran, tapi tetap harus kreatif

Untuk bisa kreatif, maka bergabunglah dengan komunitas kreatif. "Di Viking, anak-anak muda diajak dalam unit-unit bisnis antara lain, unit usaha, unit toko merchandise Persib, seperti kaos, jaket, dan slayer," kata dia.

"Mereka yang suka bisnis atau hobi bisa terlibat di dalamnya." Lanjutnya.

Pertandingan itu diakhir dengan kemenangan Persib 2-0. Kang Emil merayakan kemenangan itu dengan bagi-bagi hadiah melalui kuis. Kuisnya antara lain, menendang bola ke gawang, push up 30 kali, dan membaca ayat suci Alquran.

"Alhamdullilah Persib menang 2 -0. Saya pegang rekor kalau nonton Persib selalu menang. Mudah-mudahan ini konsisten dijaga di pertandingan selanjutnya," ucap Kang Emil.

Menurut Kang Emil, bobotoh adalah komunitas bola yg fanatik sehingga kalau sudah percaya bisa diarahkan ke hal-hal positif. "Tugas pemimpin mengarahkan warganya seperti bobotoh ke hal-hal yang positif, seperti sosial, ekonomi. Saya yakin bisa," kata dia.

Acara diakhiri dengan foto bareng. Namun usai foto bareng, bobotoh tetap berebut swafoto dengan Kang Emil. Dengan senyum tetap mengembang, Kang Emil melayani swafoto tersebut.

"Kami merindukan sosok pemimpin yang mau berbaur bersama anak muda seperti kami. Semoga Kang Emil menjadi pemimpin Jabar yang visioner," kata Andre, 20 tahun, bobotoh Persib.(Yones)

Berita Terkait