Dicuekin Pemerintah, Penyandang Disabilitas Mengadu ke Cabup Maman



Majalengka, Beritainspiratif.com - Merasa tak diperhatikan pemerintah, para penyandang disabilitas mengadu ke calon Bupati Majalengka, Maman Imanulhaq. Mereka meminta calon bupati nomor urut 1 itu memposisikan para penyandang cacat setara dengan warga negara yang lain, kelak ketika Maman -Jefry memimpin Majalengka.

Permintaan dan aduan itu disampaikan para pengurus Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia, (PPDI) ketika bertemu dengan Maman Imanulhaq di kediamannya, di Jatiwangi, Majalengka, Senin (23/4).

Juru bicara PPDI, Maman Surahman, mengatakan, pihaknya sengaja mengadukan masalah tersebut ke Maman Imanulhaq karena semasa menjadi anggota DPRD RI yang bersangkutan gigih memperjuangkan lahirnya Undang - undang Disabilitas.

Menurut Surahman, selama ini perhatian pemerintah terhadap para penyandang disabilitas di Majalengka sangat minim. Misalnya, penyandang cacat yang menorehkan prestasi di bidang olahraga tak dihiraukan.

"Padahal tak sedikit anggota kami yang berprestasi," katanya.

Selain itu, Surahman menambahkan, anggotanya kerap mendapat perlakuan diskriminatif. Itu terjadi karena kebijakan pemerintah yang tak pro penyandang disabilitas.

"Kami berharap Kang Maman nanti bisa membuka akses kami ke dunia kerja. Kami ingin mendapat perlakuan yang sama dengan warga negara yang lain," ujar dia.

Dia juga berharap ke depan Maman Imanulhaq mengembangkan ruang publik yang ramah terhadap penyandang disabilitas.

" Sehingga kami bisa mengakses dan dapat beraktivitas ruang publik," katanya.

Yang tak kalah penting, tambah Surahman , penyandang cacat yang secara ekonomi lemah seharusnya juga mendapat bantuan seperti yang didapat warga miskin lain.

Merespon keluhan itu, Maman Imanulhaq mengatakan, baginya semua warga negara harus mendapat perlakuan sama, dilayani dengan baik.

" Pemerintah hadir untuk melayani dan mensejahterakan semua warga negara, tanpa pandang bulu. Mereka yang jompo, sudah tak produktif, pun mendapatkan pelayanan yang sama baiknya," katanya.

Mengenai lapangan kerja bagi penyandang cacat, Maman mengatakan, di pemerintahannya nanti setiap perusahaan diwajibkan mempekerjakan penyandang cacat.

" Tentu untuk sektor - sektor tertentu, sesuai keahlian para penyandang disabilitas," ujar Kang Maman, sapaan calon bupati termuda itu.

Kang Maman juga berjanji akan menjadikan Majalengka sebagai kawasan ramah bagi penyandang disabilitas.

" Fasilitas fasilitas umum dibangun dengan memperhatikan kebutuhan saudara saudara kita penyandang cacat. Sehingga mereka nyaman, " katanya.

(Yones)

Berita Terkait