Ramadhan Pasar Kain Cigondewah Ramai Pembeli



Bandung, Beritainspiratif.com - Sejak tiga bulan sebelum Ramadhan optimistis para penjual kain Cigondewah Bandung sangat tinggi.

"Ya sudah ramai, bahkan dari tiga bulan sebelum Ramadhan pembeli sudah banyak", kata Didin salah seorang pedagang di salah satu kios di kawasan Cigondewah Bandung, Senin (21/5/2018).

Menurutnya, pembeli hingga saat ini masih ramai memilih berbagai jenis kain untuk digunakan jelang Idul Fitri 1439 H.

Menurut Didin, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, ramainya pembeli hanya sampai pada pekan ke dua Ramadhan.

"Ya, paling hanya sampai pekan ke dua rame, selanjutnya akan normal kembali," tambah Didin.

Omzet kali ini lanjut Didin naik hingga mencapai 75% dari hari normal sebelumnya atau sebelum menjelang Ramadhan.

Pasar kain Cigondewah merupakan pasar yang menjual berbagai macam jenis kain kiloan maupun meteran dengan harga yang cukup murah namun berkualitas.

Berbagai jenis kain seperti Polyester, Spandex, cyfon dan lain lain bisa ditemukan di kawasan pertokoan yang dibangun pada tahun 2006 ini.

Meningkatnya omzet pedagang memasuki bulan Ramadhan ini merupakan 'trend positif' bagi para pedagang untuk bisa mendapatkan keuntungan dari harga jual ini.

Selain itu, potensi kawasan pasar kain ini menjadi komoditi ekspor ke berbagai negara terutama negara Asia Timur dan negara Timur Tengah, sedangkan untuk kebutuhan lokal, kain produksi Cigondewah ini diolah untuk dijadikan pakaian yang didistribusikan ke lebih 300 distro yang disebar di Kota Bandung.

(Kaka)

Berita Terkait