Tips Menyiapkan Makan Sahur Supercepat



Bandung, Beritainspiratif.com - DI bulan Ramadan, selain disibukkan dengan menu berbuka, kamu juga pastinya mesti menyiapkan menu makan sahur.

Nah, menyiapkan menu sahur sendiri memang terbilang gampang-gampang susah. Pasalnya, membutuhkan tenaga khusus, karena dibuatnya pada malam hari di tengah kantuk yang melanda.

Namun, buat kamu yang tak memiliki waktu berlama-lama untuk menyiapkan sahur tak perlu khawatir. Kamu dapat menyiapkan menu sahur lebih cepat lo guys jika tahu tips-tipsnya.

Nah, berikut ini merahputih.com telah merangkum dari berbagai sumber tentang tips menyiapkan sahur dengan cepat. Penasaran seperti apa caranya? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Siapkan menu untuk sahur satu minggu

Agar tak kebingungan dan mudah mempersiapkan sahur. Pastikan kamu membuat daftar menu sahur untuk satu minggu. Karena jika menu untuk sahur selama satu minggu telah tersusun, tentu kamu tak pusing lagi berpikir akan makan sahur apa esok hari.

2. Buatlah hidangan berbuka dengan porsi besar

Cara lain menyiasati pembuatan menu sahur dengan cepat adalah memasak sajian buka puasa dengan porsi besar. Karena, dapat dimanfaatkan untuk menu sahur sekaligus. Agar lebih nikmat, pilih makanan yang tak cepat basi dan tidak mudah lembek ketika dihangatkan kembali. Hal itu tentunya dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga.

3. Belanja untuk menu 1 minggu

Agar tak kerepotan menyiapkan makanan untuk sahur, pastikan kamu telah belanja bahan untuk menu sahur selama satu minggu. Cara ini terbilang efektif, karena selain dapat mengatur keuangan berbelanja, kamu juga bisa meminimalisir bahan sisa karena rusak atau sudah tak terpakai lagi.

4. Pilih menu praktis

Untuk dapat menyiapkan sahur secara cepat dan tak memakan waktu lama, kamu dapat memilih menu masakan praktis. Contohnya adalah tumis, nasi goreng ataupun sup. Selain itu kamu juga bisa menyiapkan masakan yang dapat disimpan dalam waktu lama seperti halnya abon.

5. Siapkan lauk cepat saji

Beberapa menu lauk seperti perkedel kentang, tahu ataupun tempe bacem dan ayam ungkep dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menu sahur keluarga. Karena kamu dapat menyiapkannya disaat senggang lalu kemudian menyimpannya didalam lemari es. Cara yang satu ini akan lebih menghemat waktu dan praktis.

6. Siapkan meja makan sebelum tidur

Mungkin cara yang satu ini tak terpikir oleh kamu. Siapkan meja makan beserta perlengkapannya sebelum kamu tidur. Dengan begitu, meja sudah rapi dengan segala perlengkapannya di waktu sahur. Trik ini akan mempersingkat waktu kamu menyiapkan santapan sahur. Tinggal taruh makanan serta minuman di tengah meja makan yang telah rapi. Hal ini membuat persiapan menu sahur kamu lebih praktis dan tak memakan banyak waktu.

Dilansir : Merahputih.com

Berita Terkait