Prabowo Subianto Menghormati Nilai-nilai Kepahlawanan Diponegoro



Beritainspiratif.com – Prabowo Subianto, Ketua Umum Gerindra sangat menghormati leluhur, beliau tidak punya kepentingan apa-apa selain menghormati dan menghargai nilai-nilai kepahlawanan Pangeran Diponegoro.

Keinginan Prabowo untuk memindahkan makam Diponegoro ke Yogyakarta sebagai upaya untuk menghormati jasa pahlawan. Karena Prabowo geram dengan perilaku penjajah yang tak 'memulangkan' jenazah pahlawan ke tanah kelahiran mereka. ujar Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra, Andre Rosiade kepada detikcom, Jumat (6/7/2018)

Rencana untuk memindahkan makam Pangeran Diponegoro ke Yogyakarta ditolak pihak keluarga ahli waris Hamzah Raden Diponegoro dan biar tetap berada di Makassar saja, namun pihak Gerindra menilai hal itu tak masalah dan merupakan hak dari pihak ahli waris, dan ini baru wacana, hanya untuk menghormati jasa para pahlawan, ujar Andre Rosiade.

Menurut ahli waris Hamzah Raden Diponegoro sebagai keluarga penanggung jawab, dari dulu ada rencana untuk memindahkan di Kerajaan Mataram. Namun ini amanah beliau sudah mewakafkan dirinya untuk dimakamkan di tempat ini," kata cucu Pangeran Diponegoro, Hamzah Raden Diponegoro saat ditemui detikcom di Halaman Makam Pangeran Diponegoro, Jalan Diponegoro, Wajo, Kamis (5/7/2018).

Hamzah bercerita, Pangeran Diponegoro juga telah mewasiatkan kepada isteri dan anaknya sebelum menghembuskan nafas terakhirnya untuk dimakamkan di Makassar.

Sebelum menghembuskan nafas, beliau sudah tidak lama meninggal mewakafkan dirinya kepada isteri dan anak apabila saya meninggal tidak usah dipulangkan ke kampung halaman," jelasnya. (Yanis)

Sumber : detik.com

Berita Terkait