Angela Tanoesoedibjo Satu Satunya Wakil Menteri Wanita dan Termuda



Jakarta, Beritainspiratif.com - Presiden Joko Widodo telah memanggil 12 calon wakil menteri (wamen) dan melantik untuk selanjutnya mengisi Kabinet Indonesia Maju di Istana Jakarta pada Jumat, (25/10/2019).

Salah satunya wanita yang dipanggil dan dilantik sebagai wakil menteri adalah Angela Tanoesoedibjo yang di posisikan sebagai Wapenpar, yang juga Wamen Termuda.

Sebelumnya pada Jumat pagi (25/10/2019) Angela yang dipanggil Jokowi, datang dengan mengenakan kemeja putih ala kostum kabinet Jokowi, Angela tampak melambaikan tangan ke wartawan sembari melempar senyum. Tanpa banyak keterangan, ia langsung masuk ke gedung Istana Negara.

Di jajaran kabinet Jokowi, Angela tampaknya merupakan salah satu pejabat termuda. Ia menjadi representasi pejabat milenial di Kabinet Indonesia Maju, layaknya menteri muda yang telah ditunjuk Jokowi sebelumnya, yaitu mantan bos Gojek Nadiem Makarim.

Angela merupakan putri sulung dari Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. Belakangan, ia mengikuti jejak ayahnya di dunia politik.

Berita Terupdate terkait Hary Tanoe - Bisnis.com
Jabat Wamen Pariwisata, Angela Tanoesudibjo Kolaborasi dengan Wishnutama.

Angela mencoba peruntungannya di dunia politik dengan maju sebagai caleg di Pileg 2019 dari Perindo Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo. Namun, ia gagal.

Meski kiprahnya di perpolitikan baru, Angela sudah ditunjuk menempati posisi pucuk di partai. Dalam struktur pengurus Partai Perindo, perempuan kelahiran Ottawa, Jepang, 23 April 1987 (32 tahun), ini tercatat sebagai wakil sekretaris jenderal (Wasekjen).

Sebelum berkecimpung di dunia politik, Angela lebih dulu menekuni bisnis. Anak pertama dari lima bersaudara itu menjabat sebagai staf keuangan pada 2010 di perusahaan keluarganya, MNC Group. Dunia itu ia geluti usai menyelesaikan pendidikan dari Universitas Teknologi di Syndey, Australia, dan Universitas New South Wales.

Dua tahun setelah menjadi staf, Ia langsung menjabat sebagai Co-managing Director di MNC Channel dan berpartner dengan Lala Hamid.

Kariernya mulus di perusahaan ayahnya. Pada 2014, ia langsung dibebani tugas sebagai Managing Director Global TV. Kala itu, usianya baru 27 tahun.

Kemudian, pada 2018, ia sudah diangkat menjadi managing director di dua channel sekaligus, yaitu RCTI dan GTV.

Dalam acara perkenalan dengan cara duduk sila di teras Istana Jakarta, Jokowi menyebutkan Angela merupakan “Pengusaha berpengalaman di bidang media, pinter dalam promosi, sehingga nantinya promosi pariwisata akan jadi focus, dan wisatawan yang berkunjung akan lebih banyak” tutur Jokowi. (Yanis)

Berita Terkait