Walikota Bandung Meminta Dinas PU Pastikan Tanggul Sungai Dalam Kondisi Baik



Bandung, Beritainspiratif.com - Dua tanggul atau kirmir di RW 012 dan 08 di Kelurahan Cijawura, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung jebol akibat kondisinya yang sudah lapuk. Kondisi diperparah dengan curah hujan yang tinggi dan aliran sungai Cicadas Baru yang deras pada Sabtu (15/2/2020).

Mengenai hal tersebut, Wali Kota Bandung Oded M Danial telah mengintruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandung untuk mengantisipasi bencana banjir termasuk meningkatkan kesiagaan.

"Salah satunya saya sudah meminta mereka untuk mengawasi keberadaan tiap-tiap tanggul sungai supaya betul-betul dalam kondisi bagus," kata Oded di The Papandayan Hotel, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung Senin (17/2/2020).

Bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kota Bandung, menurutnya, disebabkan sejumlah persoalan. Tanggul jebol, adalah salah satu faktor penyebab bencana di musim penghujan ini.

"Upaya lainnya kita terus perbanyak kolam retensi juga drumpori. Untuk drumpori sudah mulai dilakukan ya, terutama di kewilayahan. Drumpori ini saya kira adalah menjadi solusi hemat untuk mencegah banjir, dan pembuatannya pun terbilang sangat begitu mudah," ucapnya.

Selain rencana koordinasi dengan sejumlah kepala daerah dalam upaya penanganan bencana banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung di tahun ini pun, akan melakukan perbaikan drainase.

"Saya kira revitalisasi drainase akan terus kita lakukan di setiap tahun, termasuk pengecekan kondisi dari drainase itu sendiri. Bisa saja ada yang sudah dangkal karena endapan lumpur atau sampah. Di tahun ini juga, Insya Allah kita dapat bantuan dari provinsi untuk drainase,"ungkapnya.

(Mugni)

Berita Terkait