Kulit Durian Selain Baik Untuk Kesehatan, Juga Bisa Dipakai Untuk Cas Ponsel



Beritainspiratif.com – Di dalam buah durian terdapat kandungan protein, air, serat, lemak dan energy. Tak hanya itu saja, buah durian juga mengandung mineral dan vitamin. Salah satunya memiliki kandungan vitamin C yang begitu tinggi.

Selain manfaat buahnya, pada bagian daun, biji, akar dan bahkan kulitnya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Siapa sangka kulit durian yang keras dan berduri mengandung manfaat yang tinggi. Di dalam kulit durian memiliki kandungan lignin, selulose serta kandungan pati.

Kandungan di dalamnya tersebut sangat baik untuk kesehatan. Akan tetapi Ilmuwan dari Universitas Sydney, Australia, mengklaim berhasil mengubah kulit  durian  dan  nangka  menjadi pengisi daya yang dapat digunakan dalam perangkat, seperti ponsel, laptop, dan tablet.

Tim ilmuwan berhasil membuat super kapasitor dari kulit dua buah itu dalam proses yang tidak beracun dan tidak berbahaya.

Dilansir CNNIndonesia, Vincent Gomes peneliti utama untuk pengembangan kulit durian tersebut, mengatakan proses mengubah kulit durian dan nangka menggunakan metode rekayasa hijau yang menggunakan pemanasan dalam air dan pengeringan beku biomassa buah-buahan.

"Durian dan nangka diubah menjadi aerogel karbon yang stabil, bahan sintetis yang sangat ringan dan berpori yang digunakan untuk berbagai aplikasi," kata Gomes.

Gomes juga mengatakan bahwa aerogel karbon dapat dibuat menjadi super kapasitor besar karena berpori tinggi di bagian dalamnya.

Awalnya, Gomes dkk meneliti itu hanya untuk mengetahui sifat penyimpanan energi dari durian dan nangka. Namun hasil penelitian ternyata melampaui harapan

Super kapasitor pada dasarnya seperti reservoir untuk energi. Mereka dapat dengan cepat menyimpan energi dalam jumlah besar menggunakan mekanisme ukuran baterai kecil.

Lewat mekanisme itu kemudian akan memasok sejumlah energi untuk mengisi daya perangkat elektronik apa pun yang mencakup ponsel, tablet, dan laptop hanya dalam beberapa detik.

Jika dibandingkan dengan baterai biasa, super kapasitor ini tidak hanya mampu mengisi daya berbagai perangkat, tetapi juga bisa memiliki kemampuan siklus pengisian yang lebih besar daripada peralatan biasa.

Melansir Tech Timessuper kapasitor saat ini terbuat dari karbon aktif tetapi tidak mendekati efisiensi jika dibandingkan dengan yang baru dalam penelitian tersebut.

Alasan di balik mengapa para ilmuwan ini secara khusus memilih untuk menggunakan durian adalah karena dipilih berdasarkan sifat dapat membuat aerogel dan murah jika dibandingkan dengan bahan graphene.

Melansir Ars Technica, peneliti mengubah limbah buah durian dan nangka menjadi aerogel karbon dengan menempatkannya di Teflon autoclaves dan dipanaskan selama sepuluh jam pada suhu 180 derajat celcius (356 derajat Fahrenheit). Kemudian, hasil dari pemanasan itu didinginkan pada malam hari.

Setelah dingin, sampel dibilas dan dibekukan agar menghasilkan sampel beku-kering karbonisasi. Sampel itu kemudian dipaaskan kembali di dalam tungku selama satu jam pada suhu 800 derajat celcius guna menghasilkan aerogel hitam, sangat berpori, dan ultra dingin.***

Berita Terkait