Letjen TNI Joppye, Putra Papua Pertama Sandang Bintang Tiga



Jakarta, Beritainspiratif.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima laporan pelaksanaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi 79 perwira tinggi TNI terdiri atas 70 Pati TNI AD, 3 Pati TNI AL dan 6 Pati TNI AU.

Laporan Korp Kenaikan Pangkat Pati TNI tersebut dilaksanakan pada, Rabu (20/5/2020), di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam pelantikan tersebut terdapat tiga pati yang naik pangkat menjadi bintang tiga, yakni:

  1. Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau,  Komandan Pusterad
  2. Marsdya TNI Kisenda Wiranatakusuma - Kabais TNI
  3. Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan)

Profil Letjen TNI Joppye OW

Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau merupakan Putra Papua terbaik yang mengukir prestasi gemilang di TNI AD, dari banyak Putra Papua lainnya yang telah mengukir prestasi.

Dengan kenaikan pangkat yang diraih Letjen TNI Joppye, tercatat Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau menjadi putra Papua pertama yang meraih bintang tiga di pundak di TNI AD.

Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, Lahir di Serui, Papua, pada 17 Juli 1962 menorehkan sejarah baru, dan menjadi penerima bintang 3 pertama di TNI AD dari Papua.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat, Kolonel Inf Nefra Firdaus menuturkan, promosi jabatan tersebut menjadi prestasi tersendiri. Sebab, Joppye prajurit Papua pertama yang menyandang pangkat Letnan Jenderal, Ujar Nefra Senin (11/5/2020) di Gedung E Lantai Dasar, Mabesad, Jakarta, seperti dilansir tniad.mil.id.

Dua Jenderal Putra Papua

Dalam upacara Sertijab tersebut terdapat dua jenderal Putra Papua yang diserahterimakan yakni Danpusterad, dari Mayjen TNI Arif Rahman kepada Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau (Papua).

Kemudian dari Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau diserahkan kepada Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra (Papua).

Penugasan Letjen Joppye

Dilansir dari laman tniad.mil.id, Joppye Onesimus berasal dari kecabangan Infanteri dan lulusan Lemhannas tahun 2013. Sebelum menerima prestasi bintang tiga di militer, dia telah melalui sejumalh jabatan penting, di antaranya.

  • Komandan Brigade Infanteri 24/Bulungan Cakti (2009-2011),
  • Asisten Operasi Kepala Staf Daerah Militer (Asops Kasdam) XVII/Cenderawasih (2011-2012),
  • Komandan Resor Militer 172/Praja Wira Yakthi (2012-2013),
  • Inspektorat Kodam XVII/Cenderawasih (2013-2014),
  • Wakil Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri Kodiklat TNI AD (2014-2015),
  • Kepala Staf Daerah Militer V/Brawijaya (2015-2016),
  • Pati Sahli TK III Bid SosbudKum Panglima TNI (2016),
  • Panglima Kodam XVIII/Kasuari (2016-2020).

Yanis

Berita Terkait