Hebat, Ini Pemimpin Wanita Pertama di Cirebon



BANDUNG. Selly Andriani Gantina merupakan pemimpin perempuan pertama di Kabupaten Cirebon. Setelah dilantik Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Selly resmi menjadi Wakil Bupati Cirebon pengganti antar waktu (PAW).

Selly mengatakan perempuan Cirebon ke depan bisa menjadi pemimpin di pemerintahan tidak hanya ditingkat kabupaten. Akan tetapi biaa ditingkat provinsi maupun ditingkat pusat.

"Saya berharap kehadiran saya ini bisa menjadi motivasi buat kaum perempuan yang ada di Kabupaten Cirebon, terutama generasi muda bahwa perempuan itu bisa menjadi pemimpin di segala komponen masyarakat, termasuk menjadi pemimpin pemerintahan," ujar Selly di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Selasa (17/10).

Menurutnya, tidak semua perempuan harus bergelut di bidang politik saja seperti dirinya. Bisa juga perempuan di Cirebon memilih sektor lain dalam pembangunan.

"Tetapi di dalam pembangunan pun mereka bisa menjadi agen-agen pembangunan dari para kaum gender," ungkapnya.

Mengenai soal pemberdayaan perempuan, ia akan memaksimalkan peran Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A). Tak sampai disitu, ia pun akan mencoba koorsinasi dengan lintas sektor.

"Peran perempuan ini tidak hanya lepas pada satu sektor Dinas Perempuan. Tetapi juga harus ada sektor-sektor lain, sektor pertanian, KUKM, Pariwisata. Dari infrastruktur pun harus bisa memperhatikan, infrastruktur yang ramah terhadap perempuan dan anak," jelasnya.

Ia berharap, semua elemen pemerintahan baik itu SKPD, OPD dan Forkopimda bisa saling bersinergi dalam pembangunan Kabupaten Cirebon.

"Ke depan pembangunan di Kabupaten Cirebon bisa lebih baik dari yang sudah ada sekarang," pungkasnya. (gan)

Berita Terkait