Mengasah Daya Ingat Dengan Mentadabburi Al-qur'an



Bandung, Beritainspiratif.com - Membaca AlQur'an atau mengaji merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan orang muslim.

Rutinitas ini bisa dilakukan kapan dan dimana saja, bisa di rumah, sekolah, mesjid, atau tempat lain yang memungkinkan.

DR. Al Qadhi, melalui penelitiannya yang panjang dan serius di klinik besar Florida Amerika Serikat, berhasil membuktikan hanya dengan mendengarkan bacaan ayat-ayat AlQur'an, seorang muslim baik mereka yang berbahasa Arab maupun bukan, dapat merasakan perubahan.

Penemuan sang dokter ahli jiwa ini tidak serampangan. Penelitiannya ditunjang dengan bantuan peralatan elektronik terbaru untuk mendeteksi tekanan darah, denyut jantung, ketahanan otot dan ketahanan kulit terhadap aliran listrik.

Dari hasil uji cobanya ia berkesimpulan bacaan AlQur'an berpengaruh besar hingga 97 % dalam melahirkan ketenangan jiwa dan penyembuhan penyakit.

Dalam laporan sebuah penelitian yang disampaikan dalam Konferensi Kedokteran Islam Amerika Utara tahun 1984 disebutkan, AlQur'an terbukti mampu mendatangkan ketenangan sampai 97% bagi mereka yang mendengarkannya.

Menurut Qadhi, terdapat beberapa perubahan yang dirasakan oleh orang yang dijadikan obyek penelitiannya ketika mendengarkan AlQur'an yakni :

- Perubahan fisiologis yang sangat besar

- Penurunan depresi, kesedihan

- Memperoleh ketenangan jiwa

- Menangkal berbagai macam penyakit

Selain itu, penelitian pun menyimpulkan bahwa membaca AlQur'an sehabis Maghrib dan sesudah Shubuh dapat meningkatkan kecerdasan otak sampai 80 % , karena terdapat proses pergantian dari siang ke malam dan dari malam ke siang.

Disamping itu ada tiga aktifitas sekaligus ketika seorang muslim mentadabburi AlQur'an yakni membaca, melihat dan mendengar.

Tak ada lagi bacaan yang dapat meningkatkan daya ingat dan memberikan ketenangan kepada seseorang selain membaca AlQur'an.

Ada beberapa hal agar seseorang memiliki ingatan dengan hafalan AlQur'an nya yakni :

- menyedikitkan makan

- membiasakan melaksanakan ibadah sholat malam

- membaca AlQur'an sambil melihat mushafnya

(Kaka/berbagai sumber)

Berita Terkait