Mengawali Hari Dengan Bersyukur



Bandung, Beritainspiratif.com -Ketika Rasulullah SAW beribadah sampai kaki beliau bengkak-bengkak, Sayidah Aisyah istrinya berkata, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau beribadah sampai seperti itu, bukankah Allah telah mengampuni segala dosamu?” Rasulullah menjawab, “Tidakkah engkau suka aku menjadi hamba Allah yang bersyukur?” (HR Bukhari dan Muslim).

Bersyukur merupakan salah satu ibadah mulia kepada Allah yang mudah dilaksanakan, tidak banyak memerlukan tenaga dan pikiran. Bersyukur atas nikmat Allah berarti berterima kasih kepada Allah atas segala nikmat-Nya. Dengan kata lain, bersyukur berarti mengingat Allah yang Mahakaya, Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Penyantun.

Ada beberapa cara bersyukur kepada Alloh yang bisa kita lakukan.

•Yang Pertama, yakni syukur dengan hati : Dengan menyadari sepenuhnya bahwasanya segala nikmat yang kita peroleh ini semata-mata adalah karena anugerah dari Allah SWT. Dan di samping itu juga, kita harus selalu menggunakan anugerah nikmat ini dengan tujuan untuk kebaikan.

•Yang Kedua, yakni syukur dengan lidah atau ucapan : Dengan mengakui bahwasanya setiap anugerah-anugerah yang telah kita dapatkan ini berasal adalah dari Allah SWT. Dan cara bersyukur dengan lidah ini pun harus dilaksanakan/ dilakukan dengan cara yakni dengan memperbanyak “hamdalah” (pujian kepada Allah SWT), sebagai Dzat yang sudah dan selalu memberikan nikmatNya kepada kita. seperti halnya mengucapkan “Alhamdulillah…” (segala puji bagi Allah SWT).

” Barangsiapa (diantara kalian yang) mengucapkan Subhanallah.., maka baginya (mendapatkan) 10 kebaikan. Dan Barangsiapa (diantara kalian yang) membaca La-ilaha-illal-Lah.., maka baginya (mendapatkan) 20 kebaikan. Dan, barangsiapa (diantara kalian yang) membaca Alhamdulillah.., maka baginya (mendapatkan) 30 kebaikan “

•Yang Ketiga, yakni syukur dengan perbuatan : Bisa kita lakukan/ dilaksanakan oleh anggota tubuh, yakni dengan cara memanfaatkan anugerah yang kita peroleh ini sesuai dengan tujuan penganugerahannya tersebut (dengan beribadah hanya kepada Allah SWT).

Menurut Imam AlGhazali terdapat 7 anggota tubuh yang harus kita maksimalkan untuk bersyukur kepada Allah SWT, yaitu :

mata, lidah, telinga, tangan, perut, kemaluan, dan kaki.

Seluruh anggota tubuh ini diciptakan oleh Allah SWT sebagai nikmat bagi kita.

(Kaka)

Berbagai sumber

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta