Wakil Wali Kota Imbau ASN Setiap Jumat Bersepeda ke Kantor

WAKIL Wali Kota Bandung, Yana Mulyana dan Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan bersepeda menuju Balai Kota Bandung, Kamis (3/6/2021) / Foto: Prokopim Kota Bandung


Bandung, Beritainspiratif.com - Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Bandung untuk menggunakan sepeda dari rumah menuju kantor setiap hari Jumat. Hal itu dilontarkannya bertepatan dengan peringatan Hari Bersepeda Sedunia pada Kamis (3/6/2021).

Wakil wali kota mengatakan, dirinya sering bersepeda ke kantor di Balai Kota Bandung. Meski tak terlalu jauh dari rumah dinasnya di Jalan Nylan, jika sering dilakukan akan menjadi kebiasaan dan budaya yang baik untuk menjaga lingkungan.

Selain ASN, ia pun mengajak masyarakat untuk membiasakan diri menggunakan sepeda nantinya.

"Kita coba hari Jumat saja dulu. Dari rumah ke kantor. Bismillah, kita bisa jalanin," ujarnya saat menjadi narasumber pada acara Bandung Menjawab di Taman Dewi Sartika Balai Kota Bandung, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga: Ridwan Kamil: Pancasila Bisa Kita Tawarkan Menjadi Ideologi Dunia

Ia mengakui, hal ini baru sekedar imbauan. Namun ia sangat berharap, kebiasaan bersepeda menuju kantor bisa menjadi budaya yang baik untuk warga Bandung.

"Harapannya warga Bandung khususnya ASN bersepeda dari rumah ke tempat kerja. Ini baru imbauan, belum ada regulasi. Kalau yang bersangkutan nyaman dan menjadi kebiasaan alhamdulilah," jelasnya.

Wakil wali kota mengatakan, pengguna sepeda juga perlu edukasi. Terutama tentang ramah dan tertib bersepeda di jalan.

"Ini butuh edukasi. Saya harap Pemkot dan komunitas bisa bersinergi untuk mengedukasinya," ujarnya.

Imbauan untuk bersepeda menuju kantor disambut antusias oleh Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan.

Ia menilai, menggunakan sepeda bisa meningkatkan imun. Mulai dari berkeringat dan berfoto bersama kawan-kawan, dapat meningkatkan imun. "Sepeda mampu meningkatkan indeks kebahagiaan," katanya.

Ia juga menyarankan agar masyarakat bersepeda minimal sehari dalam sepekan. "Hari Jumat, raramean. Namun tetap jaga protokol kesehatan," imbaunya.

Tedy menyampaikan, saat ini DPRD Kota Bandung dan Pemkot Bandung belum pernah membahas terkait aturan transportasi ramah lingkungan. "Sementara ini di DPRD belum ada pembahasan Perda (Perda) transportasi ramah lingkungan. Kita dorong dengan Perwal, terkait ASN, pelajar, BUMD, BUMN, punya regulasi untuk mendukung pesepeda. Ini sebagai penguatkan," katanya.

RV/-

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait