Mahasiswa Unpad Peraih Medali di PON XX Papua Terima Kadedeuh dari Kampus



KOTA BANDUNG, Beritainspiratif.com - Rektor Universitas Padjadjaran mengapresiasi prestasi yang diraih sejumlah mahasiswa pada ajang Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2 – 15 Oktober lalu. Dari 25 mahasiswa yang menjadi atlet, 14 diantaranya berhasil meraih medali.

Sebagai bentuk apresiasi, Unpad memberikan penghargaan berupa sertifikat dan insentif kepada mahasiswa yang berhasil memperoleh medali. Peraih medali emas perorangan mendapatkan insentif sebesar Rp10 juta, medali perak perorangan sebesar Rp8 juta, dan medali perunggu perorangan sebesar Rp6 juta. Sementara peraih medali beregu memperoleh insentif sebesar Rp6 juta untuk emas, Rp4 juta untuk perak, dan Rp3 juta untuk perunggu.

“Kami bangga pada mahasiswa Unpad yang sudah menjadi, bukan hanya atlet, tetapi juga mewakili Jawa Barat dan wilayah lainnya,” kata Rektor saat melakukan pertemuan dengan para mahasiswa peraih medali PON XX Papua di selasar lantai I Gedung Rektorat, Jatinangor, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga: Jabar Sudah Suntikan 34 Juta Dosis ke Warga

Rektor menjelaskan, para atlet mahasiswa sudah menjadi duta Unpad. Hal ini tentu membanggakan bagi universitas. Pasalnya, keberhasilan mahasiswa dalam meraih medali di ajang olahraga tingkat nasional secara otomatis akan mengangkat nama Unpad di Papua.

Untuk itu, Rektor mengharapkan prestasi yang berhasil diraih harus terus dirawat. Mahasiswa dapat menorehkan prestasi serupa pada kompetisi olahraga lainnya dengan tetap membawa nama baik almamater Unpad.

Selain itu, mahasiswa juga didorong tidak hanya beprestasi di bidang olahraga, tetapi juga mampu menorehkan prestasi di bidang akademik. Kemahiran olahraga yang dimiliki dapat dilengkapi dengan kemampuan dan keterampilan di bidang akademik.

Lebih lanjut Rektor menjelaskan, sebagai atlet, mahasiswa telah ditempa dengan nilai-nilai positif, seperti kerja keras, disiplin, dan sportivitas. Sikap-sikap ini diharapkan mampu membentuk karakter mahasiswa ke depan.

“Ini adalah pengalaman baik untuk menjadikan karakter Anda lebih kuat. Terus kembangkan bakatnya di bidang olahraga untuk membentuk skill lainnya,” kata Rektor dalam siaran pers Unpad.

Pertemuan yang digelar bertepatan dengan momentum Hari Sumpah Pemuda tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran Wakil Rektor serta Dekan dan Manajer dari sejumlah fakultas. Rektor mengatakan, lengkapnya jajaran pimpinan yang mengikuti pertemuan tersebut merupakan bentuk apresiasi untuk para mahasiswa.

Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam mengatakan, 25 mahasiswa tersebut tidak hanya mewakili Jawa Barat. Akan tetapi mewakili wilayah lainnya, diantaranya Lampung, DKI Jakarta, dan Sumatera.

Tercatat, atlet mahasiswa tersebut berasal dari beberapa fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (5 mahasiswa), Fakultas Ilmu Budaya (2 mahasiswa), Fakultas Ilmu Komunikasi (5 mahasiswa), Fakultas Pertanian (2 mahasiswa), Fakultas Teknologi dan Industri Pertanian (2 mahasiswa), FISIP (3 mahasiswa), Fakultas Hukum (3 mahasiswa), Fakultas Kedokteran (2 mahasiswa), dan Fakultas Kedokteran Gigi (1 mahasiswa).

Pada ajang PON XX Papua tersebut, total medali yang berhasil diraih para mahasiswa adalah emas 4 buah, perak 4 buah, dan perunggu 5 buah.

(Ida)

Baca Juga:

Percantik Kota Bandung, Wali Kota Lukis Mural di Fly Over Pasopati

Pohon Tumbang di Musim Hujan, DPKP3 Kota Bandung Pangkas 2.173 Pohon

Kumandangkan Adzan Serentak, Wali Kota Bandung Luncurkan Aplikasi Gemar Kiblat

PERTAMA, UGM Terapkan Tandatangan Elektronik Pada Ijasah Wisudawan

Faktor Pemicu Gelombang Ketiga Covid-19, Ini Kata Pakar UGM

Tips Membersihkan Kotoran Telinga yang Tepat

Berita Terkait