DLH Kota Padang Terkesan dengan Kolaborasi Pengelolaan Sampah di Kota Bandung

Tim Penggiat Sampah Kota Padang saat melakukan kunjungan ke pengelolaan sampah Kang Pisman ke RW 02 Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung, pada Jum’at (21/1/2022) sore / Foto: Bicom-Yanis


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Tim Penggiat Sampah dari Kota Padang melakukan kunjungan studi banding pengelolaan sampah Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan) ke RW 02 Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung, pada Jum’at (21/1/2022) sore.

Rombongan diterima langsung Lurah Sukamiskin Farida Agustini dan Ketua RW 02 Deni Sukirman, dan menjelaskan pengelolaan sampah di area RW 02 mulai dari Sampah Organik hingga Anorganik yang dikreasi menjadi busana bersama Ibu-Ibu PKK RW 02 Sukamiskin.

Baca Juga: Gelar Apel Besar Satpol PP Kota Bandung, Yana Minta Perketat Pengawasan

Ditemui dilokasi Jum’at (21/1/2022) Kabid DLH Kota Padang Fauzi yang juga pimpinan rombongan, mengungkapkan bahwa kami dari Kota Padang diberangkatkan oleh salah satu penggiat sampah dari Jepang (IGES) dalam rangka menerima ilmu dan mempelajari pengelolaan sampah di Kota Bandung melalui Program Kang Pisman untuk kami bawa ke Kota Padang.

“Kami akan bawa ke Kota Padang, pengelolaan sampah yang dilakukan mulai dari sumbernya itu di RW 02 Sukamiskin. Mudah-mudah kami bisa menerapkannya juga di Kota Padang seperti yang ada di Sukamiskin,” ungkap Fauzi.

Tim dari Kota Padang ini disertai pula Perwakilan dari Lurah Kota Padang, Perwakilan Bank Sampah, Perwakilan Universitas Andalas Padang dan Walhi Provinsi Sumatera Barat.

“Kami membawa Tim terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup, ada juga dari bank sampah, ada dari Walhi, kemudian dari unsur mahasiswa,” ungkap Fauzi.

Baca Juga: Isolasi Mandiri Bagi Pasien Omicron, Begini Aturan Kemenkes

Fauzi menyampaikan kesannya atas kolaborasi yang telah dijalin di Kota Bandung dalam pengelolaan sampah.

“Kami sangat senang sekali hari ini, karena niat dan rencana kita yang dibawa dari Kota Padang, semua didapat. Yang paling penting disini kolaborasi kerjasama masyarakat dengan tokohnya, mulai dari RW, PKK, Lurah dan pemerintahan DLHK Kota Bandung. Kolaborasinya itu sangat baik,” terangnya.

“Jadi ini suatu hadiah bagi kami untuk belajar dari Kota Bandung. Mudah-mudahan nanti kami bawa ke Kota Padang” tambahnya.

Sebelumnya Tim juga melakukan kunjungan serupa pada pagi harinya di pusat daur ulang Cicabe, TPS Babakan Sari, Ciwastra, Batununggal, Cihaurgeulis dan Sukaluyu Kota Bandung.

(Yanis)

Baca Juga:

BURUAN ! Dijual Murah, 1 Unit Apartemen Dekat Kampus UGM Yogyakarta

Kemendag: Minyak Goreng Rp14.000 Jika Tidak Sesuai Laporkan ke Hotline Ini

Isolasi Mandiri Bagi Pasien Omicron, Begini Aturan Kemenkes

Begini Kriteria Penerima Vaksinasi Dosis 3 atau Booster
Kominfo Ingatkan Tidak Bagikan 11 Data Ini ke Medsos

Daftar Terbaru PPKM Level 1-3 di Jawa dan Bali Hingga 24 Januari 2022

Berita Terkait