Kabel Udara di 13 Ruas Jalan Kota Bandung Dimasukan Kedalam Tanah

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana secara simbolis menurunkan kabel fiber optik, Jum'at (4/2/2022) / Humas Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota Bandung melakukan penurunan kabel fiber optik di beberapa ruas jalan Kota Bandung. Hal ini dilakukan sebagai upaya menata kabel optik untuk dimasukkan ke dalam tanah (groundbreaking).

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menata dan menurunkan kabel fiber optik (dutching) di beberapa titik Kota Bandung. Ke depannya, penurunan kabel ini akan diterapkan di 13 ruas jalan di Kota Bandung.

Penataan ini secara simbolis dilakukan oleh Plt. Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna, serta beberapa kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bandung.

Baca Juga: Kemenkes: Pasien Positif COVID-19 Tanpa Gejala Cukup Isoman

Kawasan yang ditata secara simbolis yakni Jalan Ir. H. Djuanda (Dago). Tepatnya di depan Taman Radio dan Taman Cikapayang.

Usai penataan secara simbolis, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna menjelaskan, secara teknis penurunan kabel fiber optik (dutching) ini merupakan upaya menata kabel optik untuk dimasukkan ke dalam tanah (groundbreaking).

“Ini merupakan kelanjutan dari kebijakan groundbreaking ducting. Satu bulan yang lalu, kami konsisten ingin melanjutkan penataan ini,” ucapnya di Taman Cikapayang, Jum’at (4/2/2022).

Penurunan kabel dan proses groundbreaking di sepanjang Jalan Dago ini merupakan langkah awal.

“Mainhole di kiri-kanannya (ruas jalan Dago) sudah sangat siap. Dan tadi sudah diperiksa Pak Plt. Wali Kota, mainhole-nya memang besar sehingga bukan untuk fiber optik. Pihak PLN pun ke depannya akan mengikuti. Hanya saja PLN sekarang sedang mempersiapkan dulu,” bebernya.

Baca Juga: Kasad Pimpin Serah Terima Jabatan Wakasad

Ema juga menjelaskan, kabel fiber optik yang ilegal beserta tiang-tiangnya akan dibongkar. Sehingga yang tersisa hanyalah tiang Penerangan Jalan Umum (PJU) saja.

Setelah ruas Jalan Dago, menyusul penataan akan dilakukan di ruas Jalan Riau atau Jalan LLRE Martadinata sampai Jalan Ahmad Yani.

Menyusul kemudian ruas jalan lain: Jalan Sudirman, Wastukencana, jalan Purnawarman ke Jalan Sumatera, daerah Cibaduyut, Jalan Otista dan juga Jalan Soekarno Hatta.

“Yang jelas ada 13 ruas jalan. Sesuai arahan Pak Plt. Wali Kota, tentunya kami akan melanjutkan perpanjangan pembangunan main hall, di antaranya Jalan Merdeka ke Jalan Tamblong. Sudah ada Perwal penugasan ke PT. BII, apakah nanti akan ditindaklanjuti,” jelasnya.

Sebagai penutup, Ema menyebut tahun 2023, Pemkot Bandung akan mengupayakan pembangunan mainhole di lebih banyak ruas jalan di Kota Bandung.

“Harapannya dalam kondisi yang ideal, seluruh wilayah Kota Bandung sudah tidak ada lagi kabel-kabel yang berseliweran. Karena semua sudah masuk ke dalam mainhole. Sehingga ini akan menambah estetika keindahan kota,” ucapnya. 

(RV)

Baca Juga:

BURUAN ! Dijual Murah, 1 Unit Apartemen Dekat Kampus UGM Yogyakarta

Provinsi Jabar Akan Miliki 17 Kabupaten Kota Baru, Inilah Daftarnya

Seragam Baru Satpam Sekarang Berwarna Krem

Waspada, Kasus Covid-19 di Kota Bandung Meningkat 10 Kali Lipat

Rizky Mahasiswa Psikologi Unpad Pertama Lulus Tanpa Skripsi

Sejumlah Jalur di Kota Bandung Direkayasa

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta