Cantiknya Pantai Sayang Heulang Garut dengan Monumen Dua Sayap Elang

Wajah Baru Pantai Sayang Heulang Garut / Garut Selatan.Info


KABUPATEN GARUT, BERITAINSPIRATIF.COM - Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil meresmikan penataan obyek wisata Pantai Sayang Heulang di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Minggu (20/02/2022).

"Saya sengaja meresmikannya sore, berharap sambil melihat terbenamnya matahari karena pantai itu biasanya dinikmati saat pagi dan sore," ucap Gubernur.

Menurut Gubernur, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat menggelontorkan anggaran Rp14 miliar untuk menata wisata Sayang Heulang yang memiliki garis pantai 3,5 kilometer.

"Kawasan wisata di Garut selatan kini menjadi lebih cantik dan instagramable. Hal itu terlihat dari beberapa spot baru yang lebih tertata dan mampu menyedot animo wisatawan," ujarnya.

Baca Juga: Tekan Harga, Pemkot Bandung Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng Curah

Baca Juga: Kemenkes: Kasus Konfirmasi COVID-19 Menurun Signifikan

Paling ikonik di Pantai Sayang Heulang pasca-penataan yaitu monumen dua sayap elang sesuai nama pantainya yang sering dijadikan titik swafoto para wisatawan. Kemudian ada belasan gazebo yang berjajar menghadap langsung Samudera Hindia. Jalur pedestrian yang nyaman juga membentang di sepanjang garis pantai. Terdapat pula spot jembatan, menara pandang, hingga area kuliner di bibir pantai.

"Semoga penataan ini diterima oleh semua warga, khususnya Garut," katanya.

Beberapa hari sebelum penataan Pantai Sayang Heulang diresmikan, Gubernur Ridwan Kamil sempat mengunggah video wajah baru Sayang Heulang di media sosialnya. Unggahan tersebut mendapat respons positif dari warganet yang tak menyangka Pantai Sayang Heulang menjadi lebih indah dan nyaman.

"Kemarin saya posting ramai dan viral, yang komentar ribuan orang karena tidak menyangka Sayang Heulang jadi destinasi yang keren dan nyaman," ungkapnya.

Baca Juga: PPKM Jawa-Bali, Sejumlah Kabupaten/Kota Masuk Level 4

Tak hanya itu, Pemda Provinsi Jabar rencananya juga akan menggelontorkan Rp 3 miliar untuk memperbaiki jalan di area masuk pantai karena ada beberapa titik yang masih rusak.

"Nanti jalan yang masih rusak di area dalamnya harus segera kita perbaiki. Kalau bisa pakai di anggaran perubahan 2022, sekitar Rp 2 miliar sampai Rp 3 miliar, saya kira bisa lelangnya cepat. Jadi ke depannya akan lebih nyaman," tuturnya.

Penataan Pantai Sayang Heulang merupakan komitmen Gunernur agar ekonomi di sektor pariwisata meningkat. Tak hanya di Pantai Sayang Heulang, sejumlah obyek wisata lainnya di Jabar juga diperbaiki secara bertahap.

"Dulu waktu ke sini saya bilang alam Garut selatan itu indah karena itu satu per satu harus "dikeureuyeuh: atau diperbaiki. Hari ini bertahap sudah mulai terlihat termasuk di daerah lainnya," tuturnya.

(Ida)

Baca Juga:  

BURUAN ! Dijual Murah, 1 Unit Apartemen Dekat Kampus UGM Yogyakarta  

Inilah 8 Calon Provinsi Baru di Sumatera, Total 18 Provinsi

Pulau Sulawesi Akan Miliki 5 Provinsi Baru, Inilah Namanya

Perpanjangan SIM Secara Online, Begini Cara dan Besaran Biayanya

Exit Tol KM 149 Gedebage Temui Titik Terang, Target Tahun Ini Beroperasi

Inilah 5 Calon Provinsi Baru di Papua dan Kepulauan Maluku

Jalan Layang Pasupati Bandung Diberi Nama Prof. Mochtar Kusumaatmadja

Berita Terkait