Covid-19 Akan Berubah Status dari Pandemi ke Endemi, Inilah Bedanya?

ilustrasi Covid-19 / Foto: Istimewa


BERITAINSPIRATIF.COM - Dengan merebaknya wabah Coronavirus Dissease 2019 (Covid-19), masyarakat kini diperkenalkan dengan istilah yang muncul terkait pola suatu penyakit, di antaranya adalah endemi, epidemi, dan pandemi.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan terkait istilah endemi yang belakangan akrab di tengah-tengah masyarakat. Dimana endemi juga menjadi tujuan Indonesia setelah melewati masa pandemi. 

Istilah endemi digunakan untuk menggambarkan keberadaan sebuah penyakit yang cenderung terkendali karena jumlah kasus yang rendah secara konsisten, dengan luas daerah terdampak dan durasi yang beragam di tiap daerah. 

"Penetapan status endemi merupakan otoritas badan kesehatan dunia (WHO) karena untuk merubah pandemi yang berdampak pada banyak negara diperlukan perbaikan kondisi kasus secara global," Wiku menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers di Graha BNPB, Selasa (8/3/2022) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Baca Juga: Kapolri: Percepatan Vaksinasi Upaya Persiapan Pandemi Menuju Endemi

Pada saat berada dalam kondisi endemi, dapat diindikasikan dari jumlah kasus dan kematian yang rendah bahkan 0 dalam jangka waktu tertentu. Dan kondisi ini hanya dapat tercapai jika masyarakat secara kolektif menjalankan pengendalian COVID-19 dengan optimal.

"Kedepannya semoga masyarakat dunia semakin baik beradaptasi hidup berdampingan dengan COVID-19," jelasnya.

Baca Juga: Cek Kartu BPJS Kesehatan Anda, Apakah Masih Aktif? Begini Caranya

Menurut World Health Organization (WHO):

Pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografis yang luas. Pandemi merupakan epidemi yang menyebar hampir di seluruh negara atau benua, biasanya mengenai banyak orang. Contoh penyakit yang menjadi pandemi adalah Coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Endemi adalah penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat. Endemi merupakan keadaan atau kemunculan suatu penyakit yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada di dalam suatu populasi atau area geografis tertentu. Contoh penyakit endemi di Indonesia adalah malaria dan demam berdarah dengue (DBD).

Epidemi adalah penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban. Peningkatan angka penyakit di atas normal yang biasanya terjadi secara tiba-tiba pada populasi suatu di area geografis tertentu. Contoh penyakit yang pernah menjadi epidemi adalah virus Ebola di Republik Demokratik Kongo (DRC) pada 2019, Avian Influenza/flu burung (H5N1) di Indonesia pada 2012, dan SARS di 2003.

(YI)

Baca Juga:  

 

Berita Terkait