Gubernur Jabar Lantik Yana Mulyana Jadi Wali Kota Bandung, Ini Pesannya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi saat melantik Yana Mulyana sebagai Wali Kota Bandung sisa masa bakti 2018-2023 di Gedung Sate, Senin (18/4/2022) / ANTARA/Ajat S


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi melantik Yana Mulyana sebagai Wali Kota Bandung sisa masa bakti 2018-2023 di Gedung Sate, Senin (18/4/2022).

"Saya dengan ini resmi melantik H Yana Mulyana sebagai Wali Kota Bandung sisa masa jabatan 2018-2023, berdasarkan keputusan Kementerian Dalam Negeri," ungkap Ridwan Kamil dalam pelantikan.

Yana Mulyana dilantik sebagai Wali Kota Bandung menggantikan Almarhum Oded M. Danial yang meninggal dunia pada Jumat 10 Desember 2021 lalu. 

Baca Juga: Usai Dilantik Wali Kota Bandung, Yana Langsung Ziarah ke Makam Sang Ayah

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil dalam sambutannya mendoakan Yana Mulyana agar bisa menjalankan tugasnya sebagai Wali Kota Bandung definitif dengan sebaik-baiknya.

"Mudah-mudahan di sisa jabatannya ini, dengan jabatan sebagai Wali Kota Bandung definitif, Kang Yana Mulyana bisa maksimal melaksanakan pembangunan di Kota Bandung, mengkonsolidasikan seluruh elemen pembangunan sehingga Kota Bandung bisa maju luar biasa," kata Ridwan Kamil.

Baca Juga: Profil Yana Mulyana Wali Kota Bandung Ke-17

Baca Juga: Yunimar, Adalah Teman Berbagi Tangis dan Kebahagiaan Yana Mulyana

Ridwan Kamil menitipkan tiga hal kepada Yana Mulyana, yakni: 

Pertama selalu menjaga benteng integritas di dalam kepemimpinan sebagai Wali Kota Bandung.

"Karena integritas ini akan menjadi keteladanan bagi seluruh masyarakat dan aparat yang ada di bawah kepemimpinan Pak Yana Mulyana," ujarnya.

Kedua, Ridwan Kamil menitipkan agar Yana Mulyana melayani masyarakat Kota Bandung dengan sepenuh hati kemudian harus sering turun ke bawah untuk melihat permasalahan nyata yang dihadapi warganya.

"Tentunya ini menjadi kewajiban agar masyarakat Kota Bandung bisa dekat dengan wali kotanya baik secara fisik dan virtual," tuturnya.

Ketiga, Ridwan Kamil berpesan agar Yana Mulyana terus meningkatkan kapasitas diri secara profesional karena isu pandemi COVID-19, isu 4.0, dan isu global warming itu mengharuskan adaptasi sebagai seorang pemimpin.

"Menjelang tahun politik tentunya komunikasi politik agar ditingkatkan, komunikasi dengan pemangku kepentingan di Bandung ditingkatkan, dan terus menjaga visi misi selama kepemimpinan yang dipilih oleh rakyat," kata dia.

Emil pun berharap, setelah resmi menjadi Wali Kota Bandung di sisa waktu masa jabatan komunikasi dengan Pemprov Jabar ditingkatkan. Sehingga, pembangunan di sisa jabatan bisa maksimal baik menggunakan APBD sendiri maupun APBD Jabar.

"Pak Yana sudah berpengalaman sebagai wakil saya titip integritas, pelayanan dan komunikasi politik menjaga Bandung tetap kondusif, menjelang 2024 suhu mamanas," katanya. 

Terkait Wakil Wali Kota Bandung, Emil mengatakan, pihaknya masih menunggu arahan Mendagri.

"Kalau masih memungkinkan prosedur dari bawah diajukan dari DPRD, saya sekarang belum ada arahan. Satu-satu dulu, setelah itu wakil kalau aturan memungkinkan," paparnya. 

(Ida)

Baca Juga:

TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

 

Berita Terkait