Mudik Macet! Lewati Jalur Tol Alternatif Ini, Jakarta-Bandung Hanya 1 Jam dan Gratis

Tol Japek II / Istimewa


BERITAINSPIRATIF.COM - Jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan akan difungsionalkan pada musim mudik 2022 untuk memudahkan pemudik. Waktu tempuh Jakarta-Bandung diprediksi hanya sekitar 1 jam, dengan asumsi bila seluruh ruas tol ini sudah terhubung penuh dari Jatiasih Bekasi ke Sadang Purwakarta sepanjang 62 Km.

Pemerintah sendiri menyertakan sebagian jalur tol ini ke dalam rencana antisipasi musim mudik libur Lebaran 2022. Sebagian jalur akan dioperasikan jika terjadi kepadatan musim mudik Jakarta-Bandung, terutama memudahkan arus balik mudik.

“Ini menjadi pertemuan Jakarta dan Cipularang. Rencana kecepatan maksimum di sini 80 km per jam dan ini jaraknya 62 km. Jadi, sekitar 45 menit nyampe Jakarta-Bandung. Lebih cepat,” ujar Direktur Teknik PT Jasa Marga Japek Selatan, Bambang Sulistyo, seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

Baca Juga: Mulai 2022 Akses ke NIK Kena Biaya Rp1.000, Simak Penjelasan Dukcapil

Pada musim mudik 2022 sebagian Tol Cikampek II Selatan khususnya seksi 3 direncanakan akan difungsikan untuk mengakomodasi arus balik lebaran 2022 jika terjadi kepadatan kendaraan di jalan Tol Purbaleunyi. Seksi 3 dari Taman Mekar Sari (Karawang) menuju Sadang (Purwakarta) (Sta 34+150-Sta 64+000) sepanjang 27,85 km, masuk ke dalam wilayah Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta.

Rencananya seksi 3 baru tuntas konstruksi akhir 2022, dan ditargetkan operasional pada awal 2023. Selain itu seksi lainnya terus dikerjakan secara konstruksi maupun pembebasan lahan, sehingga bisa rampung dari Sadang-Jatiasih sepanjang 62 km, yang nantinya bisa memangkas jarak maupun waktu.

Lalu bagaimana dengan tarifnya?

Bambang mengatakan, pengoperasian Japek II Selatan saat libur Lebaran nanti sifatnya adalah sebagai jalur alternatif. Meski demikian, pihaknya tetap menyiapkan infrastruktur jalan baik rambu-rambu dan gerbang tol. Dan, karena masih fungsional masih bebas biaya alias gratis.

“Bebas biaya (saat fungsional musim mudik 2022). Tapi, nanti ada gerbang tol untuk menangkap kendaraan dari arah Bandung mau keluar, harus bayar dulu. Tapi jalur ini tidak bayar,” kata Bambang.

Baca Juga: Kemenkes Siapkan Pos Layanan Vaksinasi Booster di Jalur Mudik

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa antara SS Sadang Km 62 – SS Kutanegara km 53 sepanjang 8,6 km nantinya sebagai antisipasi ruas balik yang disambungkan jalan industri yang disambungkan lagi kepada jalan tol Jakarta-Cikampek Karawang Timur,” katanya.

“Jadi Japek II Selatan ini akan kita siapkan jika terjadi kemacetan parah,” kata Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI, Rabu, 6 April 2022.

Selain itu upaya pelebaran jalan jalur B untuk ruas tol Jakarta – Cikampek KM 67-50 juga ditargetkan selesai pada H-10 lebaran.

“Sebagai antisipasi alternatif untuk kendaraan kecil, bisa fungsional pada H-10,” kata Basuki.

 (Yanis)

Berita Terkait