Pemkab Garut Gelar Halal Bihalal di Objek Wisata Situ Bagendit

Objek Wisata Situ Bagendit @instagram Ridwan Kamil


Garut, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggelar acara silaturahmi Idulfitri 1443 Hijiriah atau halal bihalal yang dilaksanakan di Area Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Senin (9/5/2022).

Acara ini turut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Garut, Wakil Bupati, dr. Helmi Budiman, Sekda Kabupaten Garut, Nurdin Yana,  Ketua MUI Kabupaten Garut, KH. Sirojul Munir, dan  para tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Garut.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena bisa menggelar acara tasyakur binnikmat setelah melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadan 1443 H.

"Saya sendiri atas nama Bupati (dan) Wakil Bupati dan istri, menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin bilamana ada kesalahan, baik sengaja maupun tidak disengaja," ujar Bupati Garut dalam keterangan resmi Pemkab Garut.

Baca Juga: SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin SIM Baru, Ini Aturannya!

Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Garut serta masyarakat Garut yang hari ini belum terlayani.

"Nah tentu saya sekali lagi dari sisi fungsi pemerintahan kami mohon maaf kepada yang terhormat anggota DPRD sebagai badan legislatif dan tentunya kepada masyarakat Garut yang hari ini belum terlayani," ucapnya.

Baca Juga: Gubernur WH Resmikan 'Banten International Stadium' Berstandar Internasional

Saat ini, imbuh Rudy, masih banyak masyarakat yang tidak mampu dan bahkan terus meningkat di Kabupaten Garut. Bahkan, daerahnya dicap oleh nasional 35 persen masyarakat Garut mengalami stunting, meski bupati menyebutkan hanya 7 persen.

"(sedangkan) data kita hanya 7 persen, nah ini harus kita buktikan bahwa kita selaku aparatur sipil negara bekerja untuk masyarakat, berbakti untuk masyarakat, dan kita bukanlah orang yang mengabdi karena kita semua termasuk saya mendapat gaji, jangan dianggap ini adalah pengabdian bukan, kita ini bekerja karena kita mendapatkan upah dan gaji." tandasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Masyaraat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, dr. Tri Cahyo Nugroho, menjelaskan , data yang disampaikan oleh Bupati Garut adalah hasil data survei SSGBI (Survei Status Gizi Balita Indonesia) tahun 2021yang dirilis oleh Kemenkes RI, di mana prevalensi stunting di Kabupaten Garut sebesar 35,2%, sedangkan setelah dilakukan pengukuran dan penimbangan di posyandu, pada bulan Februari 2022, ditemukan data 7,1% data balita (0-59 bulan) stunting atau sekitar 13.938 balita.

"Untuk itu arahan Pak Bupati agar menemukan balita yang sudah ada by name (by addres)-nya untuk dilakukan intervensi oleh berbagai pihak," jelas dr. Tri.

(Yanis) 

Baca Juga: 

Berita Terkait