Taburkan Kebaikan Semasa Hidup, Eril Banyak yang Mendoakan

Foto: Eril unggahan akun Instagram @ridwankamil


BERITAINSPIRATIF.COM - Sejumlah warga menangis saat menyaksikan mobil jenazah yang membawa Eril tiba di Pendopo Gedung Pakuan Negara Kota Bandung pada Minggu (12/6/2022) sekitar pukul 19.48 WIB.

Iring-iringan ambulans jenazah dan keluarga tersebut tiba di Gedung Pakuan dengan dikawal oleh Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat, melalui perjalanan darat dari Bandara Soekarno-Hatta.

Jenazah Eril disemayamkan di Gedung Pakuan, Bandung, dan keesokan harinya dimakamkan di pemakaman Cimaung, Bandung, Senin (13/6/2022) pagi.

Dalam unggahan akun Instagram @ridwankamil pada Sabtu (11/6/2022),  Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil telah menyiapkan pemakaman untuk anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Makam tersebut dibangun di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Ridwan Kamil Bangun Masjid Al Mumtadz di Pemakaman Eril, Begini Desainnya!

Makam Eril terletak di samping sungai. Gunung dan sawah yang akan menghiasi pemandangan di sekitar makam tersebut, dan disebelah makam Eril akan berdiri  Masjid Al Mumtadz yang didesain sendiri oleh Ridwan Kamil.

Kebaikan Eril

Emmeril Kahn Mumtadz, anak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, ternyata menjadi sosok yang dikagumi oleh orang di sekitarnya. Hal ini dikarenakan Eril semasa hidup selalu memberikan kesan baik terhadap orang di sekitarnya.

Lalu amal ibadah apa yang telah dilakukan Eril semasa hidupnya? Mengingat  jutaan doa telah dipanjatkan oleh masyarakat Indonesia bahkan dari negara lain  sejak mendengar kabar hilangnya Eril pada 26 Mei 2022 di Swiss menyebar secara luas hingga tiba di Bandung.

Baca Juga: Emil Akan Fasilitasi Guru SD yang Temukan Jenazah Eril Berlibur ke Indonesia

Dikutip dari Tim TvOne, berikut kebaikan yang dilakukan Eril semasa hidupnya.

Dosen ITB: Eril Anak yang Low Profile

Salah satu ungkapan itu datang dari dosennya, Indrawanto, Indra mengatakan bahwa ia sangat mengagumi sosok Eril.

“Saya juga belum mengenal bahwa dia itu adalah anak seorang Gubernur, jadi profilnya adalah low profile, sangat biasa di dalam hal ini, saya sangat kagum dia tidak menunjukkan bahwa saya itu adalah anak orang penting,” terang Indra.

Wakil Wali Kota Depok: Eril Anak yang Cerdas, Saleh, dan Suka Membantu

Tak hanya Indra, Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, juga tak ketinggalan menunjukkan kekagumannya terhadap Eril.

"Eril anak yang cerdas, saleh, suka membantu yang miskin, terlihat tanda-tanda itu di akhir kehidupannya, bangga rasanya punya anak seperti Eril. Selamat jalan Eril semoga Allah menerima Segala amal ibadahnya, bangga dengan Eril, pasti bangga juga Kang Emil dan bunda Atalia,” cuitnya pada akun Twitter pribadinya, @ImamBHartono.

Kerap Membeli Baju Lebaran untuk Anak Yatim dan Memberikan Uang THR kepada Satpam

Putra sulung dari Ridwan Kamil ini juga kerap membeli baju lebaran kepada anak yatim, bahkan ia sering memberikan uang THR kepada para satpam. Hal ini diungkapkan sendiri dari ayahnya.

"Dear Eril, ayahmu ini baru tahu, bukan hanya ratusan atau ribuan tapi jutaan yang mendoakanmu Ril. Dari anak-anak yatim di desa-desa, tukang ojek dan becak di belokan jalan kota sampai ulama-ulama di Palestina. Dari mereka yang dekat dengan hatimu sampai mereka yang sama sekali tidak mengenalmu. Mungkin ini karena kebaikanmu memberikan baju lebaran kepada anak-anak yatim itu. Atau karena kebaikanmu ngasih thr dari uangmu sendiri ke satpam-satpam itu ril?," tulis Ridwan Kamil.

Baca Juga: Emil: Jenazah Eril Masih Utuh Meski Tenggelam Selama 14 Hari

Nabila Ishma: Tak Ada Satupun Rasa Sakit yang Kamu Tinggalkan

Bahkan, pacar Eril, Nabila Ishma, mengungkapkan bahwa Eril sama sekali tak meninggalkan kenangan pahit untuk dirinya.

“Terimakasih sudah membuat aku bahagia selama ini. Terimakasih sudah dengan tulus memberikan perhatian dan kasih sayang bukan cuma untuk aku tapi juga keluarga aku. Terimakasih untuk setiap pelajaran yang kamu kasih. Terimakasih juga selalu menguatkan aku disaat aku ragu dengan diriku sendiri. Ril, Gaada satupun rasa sakit yang kamu tinggalkan, cuma ribuan kenangan manis yang akan selalu menjadi warna di hidup aku,” tulis Nabila pada akun Instagramnya, @nabilaishma.

Nabila juga berjanji, akan meneruskan kebaikan yang pernah Eril lakukan dan akan selalu mendoakan Eril.

“Aku akan berusaha nepatin janji aku buat bahagia dan banyak senyum disinii. Aku akan meneruskan kebaikan-kebaikan kamu dengan caraku ril. Aku gaakan berhenti selalu mendoakan kamu dari sini. Insyaallah aku kuat dan ikhlas karena banyak sekali yang mendoakan kamu ril,” tambahnya.

Baca Juga: 13 Kartu Kuning Tersaji di Laga Big Match Persib vs Bali United

Gubernur Jawa Timur

Selain itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pun datang ke Gedung Pakuan, Kota Bandung untuk menyampaikan duka cita atas kepergian anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, Minggu (12/6/2022) malam.

Khofifah juga turut mendengar bagaimana Eril semasa hidupnya merupakan sosok yang saling membantu orang lain yang membutuhkan. Sehingga bagi dirinya, amalan tersebut harus bisa menjadi contoh dan diikuti oleh orang lain.

"Saya mendengar hal-hal istimewa yang dilakukan oleh ananda Eril, pengamalan dia berbagi kepada mereka yang sedang kurang beruntung. Saya rasa kita boleh mengikuti jejak beliau," ungkap Khofifah.

(YI)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta