Kisah Fauzan Berhaji Naik Sepeda Selama 7,5 Bulan Akhirnya Tiba di Arab Saudi

Fauzan dengan sepedanya saat tiba di Arab Saudi (dok.Muhammadiyah)


BERITAINSPIRATIF.COM - Media di Arab Saudi ramai memberitakan seorang pemuda asal Indonesia yang berangkat haji menggunakan sepeda. Pemuda itu bernama Muhammad Fauzan, warga Magelang, Jawa Tengah.

Fauzan diberitakan oleh salah satu media di Arab Saudi  dengan judul "Pemuda Indonesia Menempuh 5.000 KM Bersepeda dalam Ziarah ke Tiga Masjid Suci".

Pria berusia 28 tahun ini mengaku sudah lama memendam keinginan untuk berangkat haji.

Baca Juga: Eril Dimakamkan Disamping Masjid Al Mumtadz Desain Ridwan Kamil

Sejak ia lulus kuliah dan menjadi pengajar agama keinginan sudah muncul.  Akan tetapi, keinginan itu terkendala biaya serta jadwal pemberangkatan haji yang harus mengantre lama dan bertahun-tahun.

Dikutip dari laman Muhammadiyah, Muhammad Fauzan menyebutkan bahwa perjalanan spiritual haji seumur hidup adalah perjalanan yang sulit. Sepeda miliknya ia kayuh selama hampir 5.000 kilometer, dalam perjalanannya dari Indonesia ke Arab Saudi yang memakan waktu lebih dari tujuh setengah bulan (7,5 bulan).

Dan akhirnya Kader Muhammadiyah asal Magelang, Jawa Tengah, Muhammad Fauzan (28)  sampai juga di Riyadh, Arab Saudi, pada Kamis (26/05/2022). Uniknya, transportasi yang digunakan adalah sepeda.

“Dirinya telah melakukan perjalanan sejak bulan November 2021 dan telah melintasi Singapura, Malaysia, dan Thailand. Setelah melewati negara-negara tersebut ia langsung menuju ke Arab Saudi dengan pesawat,” cerita Fauzan.

Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Arab Saudi menyambut kedatangan Fauzan. Pihak PCIM kemudian mendampingi Fauzan untuk melakukan sejumlah pertemuan dengan berbagai pihak termasuk dengan Duta Besar RI Abdul Aziz Ahmad dan Wakil Kepala Perwakilan RI Arief Hidayat pada hari Ahad (29/05/2022).

Baca Juga: Gubernur Jateng dan Gubernur Jatim Salatkan Eril di Gedung Pakuan

Agenda pertemuan ini ditujukan untuk bersilaturahmi sekaligus meminta arahan beliau untuk kemungkinan pelaksanaan ibadah haji yang menjadi tujuan Fauzan melakukan perjalanan ke Arab Saudi ini.

Dalam pertemuan tersebut, Fauzan bercerita tentang motivasinya bersepeda hingga ke Arab Saudi adalah keinginan kuatnya untuk beribadah Haji. Tidak lupa juga berkisah seputar terjalnya perjalanan dari Indonesia hingga sampai ke Riyadh.

“Kuatnya tekad mengunjungi rumah Allah dan mengikuti ibadah haji menjadi motivasi bagi Fauzan untuk terus mengayuh sepeda,” lanjut ceritanya.

Baca Juga: Taburkan Kebaikan Semasa Hidup, Eril Banyak yang Mendoakan

Abdul Aziz Ahmad kemudian memberikan beberapa arahan di antaranya untuk menghubungi teknis haji KJRI (Konsul Jenderal RI) di Jeddah yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan ibadah haji warga negara Indonesia dan akan memberikan surat pengantar ke sana.

“Jaga kesehatannya mengingat cuaca di Arab Saudi saat ini adalah musim panas dengan suhu di atas 40 dan memperhatikan peraturan-peraturan yang ada di negara tersebut,” pesan Abdul Aziz kepada Fauzan.

Dengan kehadiran Fauzan yang bersepeda dari Indonesia menuju Arab Saudi ini, Abdul Aziz Ahmad berpesan kepada Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya untuk menghubungkan kepada asosiasi-asosiasi pesepeda yang ada di Arab Saudi sebagai salah satu jalan diplomasi Indonesia-Arab Saudi melalui kegiatan berolahraga.

“Diharapkan hal ini akan menjadi salah satu jalan Fauzan untuk bisa mendapatkan porsi haji dari Pemerintah Arab Saudi,” lanjutnya. 

“PCIM Arab Saudi juga akan senantiasa berusaha membantu Fauzan dalam mewujudkan keinginannya untuk berhaji dan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat selama keberadaannya berada di Arab Saudi,” pungkasnya.

(YI)

Berita Terkait