Pisah Sambut Camat Arcamanik Diwarnai Tangisan dan Air Mata ASN

Tetesan air mata Para ASN Kecamatan Arcamanik mewarnai salam perpisahan kepada Firman Nugraha yang akan meninggalkan Arcamanik mengemban tugas baru pada acara pisah sambut di halaman Kantor Kecamatan Arcamanik Kota bandung, Jum'at (24/6/2022) / Foto: Bicom-Yayan


Beritainspiratif.com - Usai Serah Terima Jabatan (Sertijab) Camat Arcamanik yang digelar di aula Kantor Kecamatan Arcamanik, Jum’at (24/6/2022) Acara dilanjutkan dengan pisah sambut yang dilaksanakan di ruang terbuka halaman Kantor Kecamatan Arcamanik Kota Bandung.

Dengan iringan tarian, Camat Arcamanik Willi Yudia Laksana dan Firman Nugraha masing-masing didampingi istri diantarkan menuju lokasi acara.

Camat Arcamanik Willi Yudia Laksana dalam sambutan perkenalannya menyampaikan terima kasih kepada pihak panitia yang telah menyiapkan acara ini. Selain itu sebagai pejabat baru di wilayah ini saya mengharapkan dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak di Kecamatan Arcamanik untuk melaksanakan berbagai macam program kegiatan untuk kebermanfaatan bagi masyarakat di Arcamanik.

“Tentu dalam waktu dekat ini, kami akan melakukan berbagai macam konsolidasi, baik itu secara internal, maupun eksternal dalam rangka mewujudkan tugas yang harus dicapai target-target utamanya termasuk istri saya sebagai ketua tim penggerak PKK,” ungkap Willi.

“Pada kesempatan yang baik ini saya juga mengajak kepada Puskesmas Arcamanik dan Puskesmas Rusunawa, bersama-sama bersinergi melakukan ikhtiar dan vaksinasi bagi warga masyarakat termasuk Pak RT dan Pak RW,” ujar Willi.

Baca Juga: Ema Sumarna Pimpin Sertijab 8 Pejabat di Lingkungan Setda Kota Bandung

Dipantau Beritainspiratif.com di lokasi Willi Yudia Laksana merupakan pria asal Garut. Selepas SMA Willi melanjutkan pendidikan di STPDN angkatan 08 tahun 2000 dan menikah dengan Tuti serta dikaruniai tiga orang putri.

Selain itu, Willi juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Kelurahan Sukabungah, Lurah Rancanumpang, Lurah Balonggede, hingga Sekcam Sumur Bandung.

Acara pisah sambut diisi dengan penyampaian kesan dan pesan kepada Firman Nugraha selama menjabat Camat Arcamanik yang disampaikan Lurah Cisaranten Bina Harapan (Cisbinhar) Deden Mardeni, mewakili Lurah, Karyawan/Karyawati ASN se-Kecamatan Arcamanik.

Lurah Cisbinhar mengungkapkan bahwa dirinya berada di Kecamatan Arcamanik sejak tahun 2016 bersama Firman Nugraha.

Selama kurang lebih 6 tahun bersama beliau, banyak kesan yang ditanamkan kepada Lurah Sukamiskin, Cisbinhar, Cisaranten Endah dan Cisaranten Kulon dan berkat pembinaan beliau prestasi luar biasa diraih.

“Banyak kejuaraan yang dimunculkan oleh Kelurahan, baik itu kejuaraan maupun perlombaan antara lain di Sukamiskin,” ungkap Deden.

“Jadi selama bersama beliau, sukanya ada, sedihnya ada, kehilangan juga pasti ada,” tambahnya.

“Mewakili semua rekan saya mengucapan terima kasih banyak, banyak lomba-lomba yang dirancang termasuk kemarin mendapat penghargaan dari Bappenas Bang Kasep (Bangga kaagungan septictank, red) sebagai penggagas swadaya masyarakat di bidang lingkungan,” jelasnya.

“Saya juga mohon maaf selama bersama terdapat silang pendapat atau gesekan termasuk rekan Lurah dan ASN, mohon dimaafkan,” pintanya.

Ungkapan pesan dan kesan dari Lurah Cisbinhar diakhiri pula dengan pantun jenaka.

“Pergi bermain ke Gramedia, membaca buku sejarah bung hatta

Perpisahan ini sangat tak kusangka, hingga aku meneteskan air mata,” pungkasnya.

Baca Juga: Willi Yudia Laksana Resmi Jabat Camat Arcamanik! Terima Kasih Firman Nugraha

Sambutan juga disampaikan oleh perwakilan masyarakat Arcamanik yang diwakili oleh Ketua LPM Kecamatan Arcamanik Aan Sumaedi selama perjalanan panjang bersama Firman Nugraha saat menjabat Camat Arcamanik.

“Pak Firman sangat familiar terhadap masyarakat dan telah memperoleh berbagai penghargaan hingga tingkat nasional untuk Kecamatan Arcamanik. Atas nama warga kami menghaturkan terima kasih dan ditempat yang baru terus berjuang sebagaimana halnya di Arcamanik, ” ujar Aan.

“Kepada Bapak Camat yang baru, saya mengharapkan kalau bisa minimal sama dengan pak Firman Nugraha dan kalau bisa dapat ditingkatkan lagi, mengingat Arcamanik ini pelopor Kang Pisman,” tuturnya.

Aan juga mengajak semua pihak untuk mendukung Camat Arcamanik yang baru, melalui program Kecamatan Arcamanik.

“Mudah-mudahan Camat yang baru dapat mengisi kekosongan dan kekurangan yang belum dapat dilaksanakan oleh Bapak Firman. Mari kita berkolaborasi agar program dapat berjalan dengan baik,” Harap Aan.

Sementara itu Firman Nugraha dalam sambutan pelepasan menyampaikan bahwa prestasi yang diraih kecamatan Arcamanik bukanlah prestasi saya akan tetapi prestasi seluruh unsur dan masyarakat Kecamatan Arcamanik.

“Kesempatan yang baik ini saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih buat bapak/ibu dan masyarakat semuanya, selama ini banyak membantu saya baik secara pribadi maupun kelembagaan yang cukup banyak tugas-tugas di kewilayahan,” ungkap Firman.

“Selain kesuksesan tadi, tentunya ada kesalahan dan kekurangan ataupun kecewa selama melaksanakan tugas. Oleh karena itu saya yakin itu bukan sebuah kesengajaan tetapi karena keterbatasan. Untuk itu saya atas nama pribadi beserta keluarga saya mohon dimaafkan,” pungkasnya.

Tonton Video: Pisah Sambut Camat Arcamanik

Surprise dibuat oleh para ASN Kecamatan Arcamanik, tatkala iring-iringan ASN berbaris menaiki panggung menghampiri  Firman Nugraha dan istri untuk mengucapkan salam perpisahan.  Dengan lantunan iringan musik dan pembacaan puisi satu persatu para ASN menghampiri Firman Nugraha, melepas kepergian ke tempat tugas yang baru dan meninggalkan Arcamanik.

Suasana bertambah haru dan sedih hingga tangisan para ASN tak terbendung lagi saat terdengar lagu ‘Menghitung Hari’ berkumandang.

Firman Nugraha yang dikenal sosok penyabar dan tidak pernah marah tampak begitu berat meninggalkan Arcamanik dan melepaskan ASN setelah mereka berkumpul bersama selama 6 tahun 2 bulan.

Satu persatu ASN menyalami dan berpelukan menahan kesedihan, sementara itu barisan yang menunggu giliran pun tak kuasa lagi membendung isak tangis hingga berurai air mata. Itulah sosok Firman Nugraha yang dikenang kedekatannya, mengayomi dan dicintai oleh para ASN.

Selamat Bertugas di tempat yang baru Firman Nugraha, sukses selalu!

Tampak hadir pula dalam acara tersebut DPD LPM Kota Bandung, FKPPI, KPAE, Forum RW Kota Bandung, Karang Taruna, PKK, BKM, LPM Kelurahan/Kecamatan, serta organisasi lainnya baik tingkat Kelurahan, Kecamatan hingga Kota Bandung.

(YI)

Baca Juga: 

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta