Bandung Barometer Sepak Bola Puteri, 30 Kecamatan Ikuti Wali Kota Cup 2022

Ketua Panitia Pelaksana Kompetisi Sepak Bola Wanita Wali Kota Cup 2022 Diah Hidayah, saat menyampaikan laporan pada pembukaan acara yang berlangsung di Sport Jabar Arcamanik, Kamis (28/7/2022) / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Bertempat di Sport Jabar Arcamanik Kota Bandung digelar pembukaan kompetisi Sepak Bola Wanita yang pertama memperebutkan Piala Wali Kota Bandung 2022 yang berlangsung Kamis, 28 Juli 2022 pagi.

Dipantau langsung Beritainspiratif.com di lokasi, Ketua Panitia Pelaksana turnamen Diah Hidayah dalam sambutannya menyampaikan laporan pelaksanaan dan mengucapkan terima kasihnya kepada Dispora Provinsi Jabar, Pemkot Bandung beserta jajaran dan Dispora Kota Bandung Edi Marwoto atas kepercayaan yang diberikan untuk melaksanakan turnamen sepak bola wanita Piala Wali Kota Bandung.

Terima kasih juga disampaikan kepada Ibu Kenny - DP2KB Kota Bandung yang juga konsen terhadap pengembangan remaja di Kota Bandung.

“Perkenalkan bu, ini para atlit remaja kota Bandung. Mudah-mudahan bisa berkolaborasi untuk membina mereka menjadi pribadi-pribadi yang tangguh,” ungkap Diah.

Baca Juga: Hari Ini Kemenkes Mulai Gelar Vaksinasi COVID-19 Booster Dosis 2

Tonton: Video Upacara Pembukaan Wali Kota Cup 2022

Lebih lanjut Diah menyampaikan terima kasih juga kepada Bapak Ongko Anggasurya.

“Beliau adalah yang membimbing kami, memberikan arahan untuk kami menjadi orang yang bisa dan mampu berorganisasi, bekerja nyata dan bergerak bersama,” ujarnya.

Tak lupa Diah juga menyampaikan terima kasih kepada Ibu DR. Papak Yunisal, MPD.

“Beliau tidak henti-hentinya menasehati, membimbing kami bagaimana proses turnamen ini dari perencanaan hingga sampai hari ini bisa terlaksana,” ucap Diah.

Dan yang paling kontributor terbaik dalam acara ini adalah kita beri tepuk tangan untuk para Camat dan jajarannya.

“Tidak ada artinya turnamen ini, tanpa para Camat dan jajarannya yang begitu antusias dan begitu kooperatif, dan mereka mampu mematuhi segala regulasi yang ditetapkan panitia, dalam waktu satu bulan. Mereka sudah mampu menyediakan para atlit dengan persiapan-persiapan yang luar biasa,” jelas Diah.

Baca Juga:
-Mencengangkan! Usia Warga Kampung Adat Miduana Cianjur Capai 100 Tahun

Diah melanjutkan bahwa turnamen ini diikuti oleh 30 kecamatan di Kota Bandung, ini berarti seratus persen kecamatan di Kota Bandung turut serta dan berpartisipasi dalam turnamen ini.

Sementara tim yang ikut bertanding dalam turnamen ini sebanyak 32 tim, karena dua kecamatan yang mengirimkan dua tim.

“Ini artinya dari target kami sebanyak 80 persen, keikutsertaan dari kecamatan Kota Bandung, ternyata kami mampu menyelenggarakan dengan tingkat partisipasi mencapai 107 persen,” tegasnya.

“Ini apresiasi dari panitia yang terdiri dari seluruh jajaran pengurus PSSI Kota Bandung, juga vouluntir teman-teman dari Alumni SMA Negeri 5 Bandung, terima kasih telah menjadi vouluntir, dan beberapa media partner, yang koorperatif membuat kami semakin solid,” tambahnya.

Baca Juga: Profil Robi Darwis Gelandang Bertahan Persib Asal Cianjur

Sistem Pertandingan

Diah juga menyampaikan informasi tentang event yang digelar ini adalah pertandingan 7 lawan 7. diadakan dalam durasi 2 kali 10 menit dan digelar dalam setengah lapang bola (setengahnya 40 x 60).

“Sistim yang diterapkan adalah sistim kompetisi, kejuaraan yang diperebutkan adalah piala bergilir Wali Kota Cup 2022,” serunya.

Kategori Juara

Kemudian untuk juara, untuk top grade 1, 2 dan 3. Juara untuk midle Grade 1, 2, dan 3 lalu Juara untuk Best Goal Kiper, juara untuk top scorer, serta juara untuk best player top dan midle.

Mengapa sepak bola digandrungi

Diah juga menjelaskan mengapa dunia olah raga sepak bola diatusiasi oleh seluruh stakeholder.

“Ini karena olah raga sepak bola wanita sudah menjadi sebuah industri kedepannya, sehingga seluruh stakeholder akan semakin termotivasi atau semangat untuk memajukan sepak bola di Indonesia,” tutur Diah.

Tonton: Penampilan Cheerleader SMP Taruna Bakti pada Wali Kota Cup 2022

Prestasi Sepak Bola Puteri

Diah juga memberikan gambaran prestasi-prestasi sepak bola wanita. Pada PON terakhir di Papua, sepak bola wanita sudah masuk menjadi salah satu cabang olah raga yang dilombakan.

“Dan kedepan di Indonesia akan diadakan liga pertiwi yang kedua. Dan pemenangnya pada liga pertiwi 1 adalah dari Persib Bandung. Kemudian waktu PON Papua juga Bandung berada di posisi kedua,” tambahnya.

Bandung Barometer Sepak Bola Puteri

Dan untuk Timnas, kontribusi Jawa Barat mengikut sertakan 8 atlitnya.

“Artinya apa? Bandung merupakan barometer sepak bola wanita. Sehingga dengan event ini semua semakin tersadarkan bahwa sepak bola ini menjadi sebuah industri,” jelasnya.

Kedepan akan rutin diadakan liga sepak bola, dengan tiga kelompok usia.

“Mudah-mudahan ini bisa memotivasi adik-adik semua, calon calon atlit,” tuturnya.

“Untuk para Camat diharapkan  tetap dan lebih semangat, karena rencananya event ini akan diadakan setiap tahu, untuk menjaring dan mencari bibit bibit atlit baru,” pungkasnya.

Di bagian akhir Diah juga melaporkan jumlah atlit yang ikut serta dalam event ini adalah sebanyak 352 atlit putri Bandung .      

Acara pembukaan turnamen sepak bola wanita ini selain dimeriah drum band juga  diisi tarian  oleh Cheerleader SMP Taruna Bakti Kota Bandung.

(Yanis)

Baca Juga: 

Berita Terkait