Wali Kota Bandung Buka Turnamen GATEBALL BBC Cup di Bikasoga

Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat membuka secara resmi turnamen gateball bbc di Bikasoga Kota Bandung, Sabtu (3/9/2022) / Humas Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memastikan kasus Covid-19 di Kota Bandung semakin terkendali. Oleh karenanya, ia membuka kesempatan kepada cabang olahraga untuk menggelar kompetisi.

Selain bagian dari pembinaan atlet, kompetisi olahraga juga diyakininya dapat meningkatkan imunitas.

"Saya Berharap kompetisi olahraga di Kota Bandung semakin marak. Kita tahu olahraga dapat meningkatkan imunitas dan meminimalisir penyebaran penyakit," ucap Yana usai membuka Turnamen Gateball BBC Cup di Bikasoga Gateball 5 Stadium Jalan Suryalaya Bandung, Sabtu 3 September 2022.

Baca Juga: ITB akan Benahi PKL di Kawasan Dipatiukur hingga Braga dengan Konsep Living Lab

Baca Juga: BBM Naik, Pemerintah Salurkan BLT Bagi 20,65 Juta Keluarga Kurang Mampu Selama 4 Bulan

Perlu diketahui, olahraga gateball mulai mendapat tempat dan perhatian masyarakat Kota Bandung. Terbukti, turnamen Gateball BBC Cup ini diikuti 24 klub dengan 214 atlet di wilayah Bandung Raya.

Untuk itu juga, Yana berharap, turnamen gateball dapat melahirkan atlet Potensial untuk mengikuti kompetisi di level yang lebuh tinggi. Mulai dari nasional hingga internasional.

"Dengan adanya turnamen ini kita dapat mengetahui potensi Atlet di Kota Bandung. Khususnya untuk dapat mengikutinya agenda yang lebih besar," tutur Yana.

Untuk diketahui, Gateball adalah olahraga modifikasi permainan croquet, yang menggunakan palu untuk memukul bola. 

Olahraga ini tidak mengenal batas tertentu sehingga tergolong sebagai barrier-free sport. 

Olahraga ini pertama kali dikenalkan di Jepang, kemudian menyebar ke seluruh dunia. 

Sedangkan Ketua Umum BBC Mugi Sudjana mengatakan, turnamen ini memperebutkan Piala Bergilir BBC Cup. Rencananya, turnamen ini bakal digelar rutin setiap tahun

"Kita akan gelar setiap tahun, supaya olahraga gateball ini semakin populer di Bandung. Tak hanya kalangan muda dan dewasa, siapapun bisa ikut," jelas Mugi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Turnamen, Dedi Harun mengatakan, peserta turnamen adalah klub yang yang sudah mendapatkan pengukuhan dari Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi). 

Seluruh pertandingan dalam turnamen ini dipimpin oleh Wasit bersertifikasi nasional.

"Kita harus sportif dan adil. Wasit pada turnamen ini sudah bersertifikasi Nasional," aku Dedi.**

Baca Juga:

-Wargi Bandung Semarakkan HJKB ke-212, Yuk Kibarkan Bendera, Spanduk & Baliho

-Hari Jadi Kota Bandung ke-212, Forum RW Gelar Sepeda Santai Hadiah Umroh - Sepeda Motor

Lalu bagaimanakah permainan gateball tersebut? Dilansir Bali Gateball Community, berikut cara bermainnya.

Permainan

Dimainkan oleh dua team yaitu team merah dan team putih, dimana masing-masing team terdiri atas 5 pemain. Team merah memegang bola ganjil (1,3,5,7,9) sedangkan team putih memegang bola genap (2,4,6,8,10). Team merah memukul bola terlebih dahulu lalu diikuti team putih sesuai urutan nomor bola. Bola dipukul melewati 3 gawang (gawang 1 sampai 3) dan menyelesaikan permainan bila telah menyentuh goal-pole. Pemenang ditentukan oleh jumlah total nilai yang diperoleh selama 30 menit waktu permainan.

Susunan team

Tiap team terdiri atas 5 pemain inti dan pemain cadangan sampai 3 orang, salah seorang pemain bertindak menjadi kapten team. Masing-msing team memiliki seorang manajer.

Pukulan pertama

Bola diletakkan pada area start, lalu dipukul sampai melewati gate pertama. Bila gagal, bola dikembalikan dan pemain tidak punya kesempatan memukul lagi, namun apabila berhasil, pemain mempunyai kesempatan satu kali lagi memukul bola. Bola tidak diijinkan masuk lapangan bila gagal melewati gate pertama.

Out ball

Disebut out ball, jika hasil pukulan atau spark menyebabkan bola keluar dari garis lapangan. Jika pada kesempatan memukul berikutnya, bola yang keluar tadi dipukul masuk ke lapangan mengenai bola lainnya dalam lapangan, hal ini merupakan pelanggaran. Jika bola tersebut melewati gate atau goal-pole, bola tersebut tidak memperoleh poin.

(RV)

Baca Juga: 

Berita Terkait