Inilah 9 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bikin Umur Panjang

Ilustrasi (Foto: Pngtree)


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Karier yang stabil, pola makan tercukupi, hingga jalinan pertemanan yang baik saja tak cukup jadi jaminan umur panjang.

Ada beberapa kebiasaan baik yang bisa bikin umur panjang, yang bisa Anda terapkan.

Kebiasaan-kebiasaan ini bisa Anda terapkan setiap saat sebagai resep umur panjang. Kebiasaan ini menjadi kesehatan jangka panjang.

Sejumlah ahli percaya, banyak bukti yang memperlihatkan bahwa ada beberapa upaya yang bisa meningkatkan angka harapan hidup.

Baca Juga: Wow...2 Negara Brasil dan Italia Antre untuk Belajar Buruan SAE Kota Bandung

Berikut kebiasaan yang bisa membuat umur panjang: 

1. Pemeriksaan medis teratur

Di usia remaja, seseorang cenderung memiliki sedikit masalah kesehatan daripada orang dewasa. Namun, tak ada salahnya melakukan skrining kesehatan secara teratur sejak dini.

Skrining dilakukan untuk mengetahui risiko dan mencegah berkembangnya penyakit.

2. Aktivitas fisik yang konsisten

Bukan rahasia lagi, aktivitas fisik memberikan jaminan tubuh yang sehat. Dengan aktivitas fisik, tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung.

Selain itu, beberapa jenis aktivitas fisik juga diketahui memberikan manfaat lebih selain umur panjang. Aerobik, misalnya, yang bisa membantu mempertahankan fungsi kognitif lebih lama.

Baca Juga: Program Gagah Bencana, Kota Bandung Pilot Project Siaga Kebakaran Lingkungan

3. Kontrol berat badan

Ilustrasi. Mengontrol berat badan jadi salah satu kebiasaan yang bisa bikin umur panjang. (iStock/tortoon)

Berat badan yang ideal punya peran penting dalam kesehatan. Berat badan berlebih bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan angka indeks massa tubuh (BMI). Mempertahankan skor BMI yang sehat dapat memperpanjang angka harapan hidup lebih dari satu dekade.

4. Batasi asupan daging merah

Makanan nabati adalah sumber antioksidan yang kuat. Antioksidan berfungsi untuk mencegah oksidasi sebagai tanda tubuh terpapar radikal bebas yang bisa memicu berbagai penyakit.

Sejumlah penelitian telah membuktikan, membatasi asupan daging merah dan olahan dapat membantu memperpanjang angka harapan hidup. Sebagai gantinya, konsumsi banyak buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Baca Juga:

-Presiden Jokowi Diberi Gelar Kehormatan 'La Ode Muhammad' dari Kesultanan Buton

-Keren! Ibu-ibu Kota Bandung Gelar Lomba Kebaya dari Pakaian Bekas

-Presiden Jokowi Dianugerahi Gelar Kesultanan Ternate

5. Menjaga kesehatan mental

Kebiasaan yang bisa bikin umur panjang lainnya adalah menjaga kesehatan mental.

Kesehatan mental sering kali menjadi bagian yang diabaikan dari upaya menjaga kesehatan secara menyeluruh. Padahal, kondisi mental justru berkontribusi besar bagi kesehatan secara menyeluruh.

Cobalah lakukan teknik pernapasan mendalam saat bangun tidur. Atau, Anda juga bisa berjalan kaki di sekitar rumah, menulis catatan harian, serta mengistirahatkan diri dari gawai.

Cara-cara di atas bisa membantu menurunkan kadar kortisol atau hormon stres yang bisa memicu masalah kesehatan.

6. Tidur yang cukup

Orang yang tidur kurang dari tujuh jam setiap malam cenderung memiliki tingkat hormon stres, gula darah, dan tekanan darah yang lebih tinggi.

Untuk itu, Anda perlu meningkatkan kualitas tidur dengan baik. Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam.

Baca Juga: Kabar Gembira! Masa Berlaku Paspor Kini Jadi 10 Tahun

7. Kurangi alkohol

Terlalu banyak asupan minuman beralkohol bisa menjadi racun untuk tubuh hingga mengakibatkan gagal jantung.

Tak cuma itu, minuman beralkohol juga meningkatkan kadar gula darah dan bisa menambah berat badan.

Mengurangi konsumsi minuman beralkohol dapat membantu memperpanjang angka harapan hidup dengan menurunkan risiko diabetes, penyakit kardiovaskular, dan penyakit kronis lainnya.

8. Tidak merokok

Ilustrasi. Tidak merokok jadi salah satu kebiasaan yang bisa bikin umur panjang. Bukan rahasia lagi, merokok bisa memicu sejumlah masalah kesehatan. Salah satunya adalah kanker.

Selain itu, kebiasaan merokok juga meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kondisi lain yang memperpendek umur.

9. Membangun hubungan yang kuat

Memiliki hubungan yang dekat dan positif dengan orang lain dapat menambah tingkat kebahagiaan. Hal tersebut dapat membantu mengurangi stres.

Penelitian menunjukkan, orang yang memiliki hubungan baik dengan keluarga, teman, dan komunitas ditemukan memiliki lebih sedikit masalah kesehatan dibandingkan mereka yang jarang bersosialisasi. Mereka juga memiliki risiko depresi yang lebih kecil.

Demikian beberapa kebiasaan yang bisa bikin umur panjang. Jangan lupa untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. [Sumber : CNN Indonesia]

(YI)

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

Berita Terkait