Penguatan Lembaga: FK KIM Kota Bandung Gelar Sosialisasi di 6 Kecamatan

Sosialisasi FKKIM di Kecamatan Ujungberung berlangsung Selasa, (25/10/2022) / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Forum Komunikasi (FK) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) disingkat FK KIM Kota Bandung menggelar Sosialisasi dengan mengangkat tema “ Peran KIM Sebagai jembatan informasi Masyarakat dengan Pemerintah” berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Ujungberung Kota Bandung, Selasa (25/10/2022).

Dipantau langsung Beritainspiratif.com di lokasi, acara ini dihadiri Kepala Bidang Diseminasi Diskominfo Kota Bandung, Susi Darsiti, Camat Ujungberung yang diwakili Sekcam Jana Surjana, Para Lurah / yang mewakili se Kecamatan Ujungberung, Ketua FK KIM Kota Bandung beserta pengurus, Narasumber Diskominfo Kota Bandung Ary Hidayatulloh, Narasumber Doddy Rachmadi, para pengurus KIM Kelurahan se-Kecamatan Ujungberung, Pengurus LPM/BKM, LKK Kecamatan Ujungberung dan hadirin lainnya.

Baca Juga: Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja Jalur PKWT 2022, Ini Formasinya

Baca Juga: Teras Cihampelas Jadi Tempat Nongkrong yang Asyik di Kota Bandung

 

Acara sosialisasi FK KIM ini berlangsung di 6 (enam) Kecamatan di Kota Bandung yang diikuti pula kelurahan kelurahan di wilayahnya, yakni di:

1. Kecamatan Bandung Kulon pada Kamis, (20/10/2022) lalu.

2. Kecamatan Buah Batu pada Jum'at, (21/10/2022) pagi.

3. Kecamatan Cibeunying Kidul pada Jum'at, (21/10/2022) siang.

4. Kecamatan Ujungberung pada Selasa, (25/10/2022) hari ini

5. Kecamatan Batununggal pada Rabu, (26/10/2022).

6. Kecamatan Andir pada Senin, (31/10/2022).

Tonton: Video Sosialisasi FK KIM di 6 Kecamatan

Baca Juga:

-Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja Jalur Pro Hire Tahun 2022

-Kapolri Instruksikan Tidak Ada Lagi Tilang Manual, Gunakan ETLE !

-Tim Audit Temukan 3 Penyebab Terbesar Kasus Stunting di Kota Bandung

-Catat! 4.000 Lowongan Kerja Dibuka di Job Fair Disnaker Kota Bandung

-BPOM Rilis 30 Obat Sirop Aman Dikonsumsi dari Total 102, Ini Daftarnya

Sekcam Ujungberung Jana Surjana mewakili Camat Ujungberung dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa peran KIM ini sangat penting.

Jana Surjana yang juga mantan Lurah Cibangkong mengungkapkan di KIM Cibangkong memiliki Radio Suara Cibangkong.

“Radio ini sangat diperlukan terutama menghadapi Pemilu 2024, dan menyampaikan informasi kepada masyarakat. Saya isi acaranya setiap Rabu-Kamis pukul 13.00 WIB,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Kepala Bidang Diseminasi Diskominfo Kota Bandung Susi Darsiti menyampaikan bahwa KIM merupakan mitra kerja pemerintah dalam menyebarluaskan informasi program pembangunan ke masyarakat secara timbal balik dan berkesinambungan.

“Kami berharap agar KIM berperan penting, agar masyarakat Kota Bandung memiliki pemahaman yang lebih tentang memprotek informasi di era informasi digital saat ini,” jelasnya.

“Dengan adanya KIM diharapkan tidak ada berita yang hoax, apakah informasi yang positif tentang pembangunan maupun tentang penyakit, pohon tumbang dll. Jadi bagaimana KIM ini dapat mengelola informasi dengan bijak, baik dan terpercaya,” harapnya.     

Susi Darsiti mengungkapkan KIM yang masuk dalam kategori LKK lainnya, jika kinerjanya baik, layak didorong masuk ke dalam LKK seperti lembaga lainnya dan mendapat anggaran PIPPK dari Pemerintah.

“Agar mendapat perhatian lebih dan mendapat bantuan dana dari Pemerintah,” ungkapnya.

Susi menambahkan dengan adanya website KIM diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara masyarakat dan pemerintah agar sejalan dalam menginformasikan pembangunan di Kota Bandung.

Sementara itu Ketua FK KIM Kota Bandung Meidi M. Siddik menyampaikan terima kasihnya kepada Camat Ujungberung beserta jajaran yang telah memfasilitasi acara sosialisasi KIM Kota Bandung sebagai jembatan informasi dari masyarakat ke Pemerintah maupun sebaliknya.

“Sosialisasi ini sebagai upaya FK KIM dalam memberdayakan KIM yang ada di 151 Kelurahan di Kota Bandung dalam menyebarluaskan informasi pembangunan,” ujarnya.

Pada sesi kedua acara diisi dengan diskusi dan paparan dari narasumber Ketua FK KIM Kota Bandung, dilanjutkan narasumber Ary Hidayatulloh dengan materi bimbingan kontributor website dan narasumber ketiga Doddy Rachmadi dengan menyampaikan materi Peran KIM di Kelurahan.

Acara diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab seputar peran KIM Kelurahan.

Website KIM

Sebagaimana diketahui bahwa Kepala Diskominfo Kota Bandung Y.Ahmad Brilyana telah meluncurkan website  KIM dengan situs ”kim.bandung.go.id” pada acara yang digelar di Tebu Hotel Bandung pada, Kamis (4/8/2022) yang lalu.

Diharapkan dengan adanya website KIM tersebut dapat mengangkat berita-berita yang baik dari kelurahan, program-program baiknya yang belum terangkat oleh humas Kota Bandung.

Misalnya berita tentang UMKM Rajut di Kelurahan Binong, wisata/batik di Cigadung, Cigondewah, Pasir Kunci dan banyak lagi di kelurahan lainnya, diharapkan dapat diangkat oleh KIM Kelurahan.

Silahkah Bapak dan Ibu informasikan program Pemkot Bandung kepada masyarakat dan Program Masyarakat/kelurahan diinformasikan kepada kami. 

Lihat Website KIM Kota Bandung Klik: https://kim.bandung.go.id/

(YI)

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

Berita Terkait