Polri Jadi Institusi Terbaik Ke-5 di Dunia

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan / Foto: Divisi Humas Polri


Jakarta, Beritainspiratif.com - Hasil survei Gallup Global Law and Order Index 2022, Amerika Serikat menempatkan Indonesia sebagai negara dengan institusi polisi terbaik kelima di dunia.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, Polri mengapresiasi hal survei tersebut. Survei berskala global itu menjadi salah satu motivasi bagi Polri untuk terus memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Kami sampaikan terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas kepercayaanya. Tentu akan kami tingkatkan. Polri ini milik masyarakat, jadi kami akan terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia, akan menjalankan fungsi dan kewenangan kami di Polri dengan maksimal,” kata Ramadhan dalam keterangan resmi Divisi Humas Polri, Senin (31/10/2022).

Baca Juga: Inilah 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia 2022, Jabar Ada 2 Desa

Survei itu juga menyatakan tingkat kepercayaan publik meningkat. Menurut Ramadhan, hasil survei itu tentunya berkat kolaborasi dengan semua pihak, termasuk masyarakat yang mendukung kinerja Polri.

Ramadhan menyebutkan, Polri dibawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terus berbenah menjadi institusi modern yang tidak antikritik, melalui reformasi kultural dengan menyerap aspirasi masyarakat.

Korps Bhayangkara berkomitmen memegang amanah dan harapan masyarakat untuk melaksanakan tugas pokok dengan sebaik-baiknya dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat.

Polri selalu bersemangat melakukan pengabdian terbaik untuk menjaga keberagaman, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Serta mengawal dan mendukung seluruh kebijakan pemerintah untuk mewujudkan tujuan luhur bangsa Indonesia.

Polri mengedepankan upaya pencegahan sesuai pola pemolisian prediktif, penegakan hukum dilakukan dengan prinsip-prinsip keadilan restoratif terhadap hal-hal yang menciderai rasa keadilan masyarakat kecil pencari keadilan.

“Kami mohon doa dan dukungannya kepada masyarakat. Mohon kerjasamanya kepada institusi dan lembaga lainnya di Indonesia dalam menjalankan tugas dan fungsi Polri,” tutur Ramadhan.

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi melayani masyarakat, Polri saat ini mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi yang bertujuan untuk mempermudah jangkauan terhadap pelayanan kepolisian sampai titik-titik terjauh, mengurangi interaksi petugas dan masyarakat sehingga menghilangkan potensi penyimpangan dan meningkatkan penerimaan negara buka pajak melalui Polri.

Baca Juga:

-SK Pengangkatan Ketua RT-RW di Wonogiri Bisa Jadi Jaminan Kredit

-Ketua RW Ini Ciptakan Aplikasi e-Ronda, Mudahkan Pantau Petugas Jaga

-Inilah 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia 2022, Jabar Ada 2 Desa

Berdasarkan hasil survei Gallup Global Law and Order Index 2022, Amerika Serikat tersebut yang menempatkan institusi Polri sebagai polisi terbaik nomor lima di dunia, maka tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri pun terus meningkat.

Dalam survei tersebut, Indonesia dengan institusi Polri-nya mendapatkan skor 92, artinya masih di atas sejumlah negara lainnya, diantaranya Finlandia dengan skor 91 dan Portugal dengan skor 91.

“Negara/Wilayah dengan Tertinggi Skor Indeks Hukum dan Ketertiban,” demikian bunyi keterangan tertulis dari Gallup, seperti dikutip Senin (31/10/2022).

Sementara negara lain seperti Singapura perolehan 96 poin; Tajikistan 95 poin; Norwegia 93 poin, dan Swiss 92 poin. Lalu Indonesia di peringkat kelima dengan 92 poin.

Perlu diketahui, survei Gallup diselenggarakan pada 2021 dengan mewawancarai 127.000 orang dewasa di lebih dari 120 negara di dunia. Adapun materi yang ditanyakan apakah masyarakat merasa aman ketika berpergian pada malam hari dan apakah dalam 12 bulan terakhir mengalami kejahatan perampokan. Margin of error survei Gallup ini berkisar antara 2,0 hingga 5,5.

(Yanis)

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta