KPU Terima 204,6 Juta Data Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari Kemendagri

Wamendagri John Wempi Wetipo berjabat tangan dengan Ketua KPU Hasyim Asy'ari didampingi Dirjen Zudan dan Sekjen KPU usai menyerahkan DP4 d kantor KPU, Rabu (14/12/2022). (Foto: Satrio)


Jakarta, Beritainspiratif.com - Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pemilu Tahun 2024 kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari. Pada saat yang sama, Staf Ahli Menteri Luar Negeri Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri, Siti Nugraha Mauludiah juga menyerahkan DP4 Luar Negeri kepada Ketua KPU Hasyim Asy'ari. Serah terima dilakukan di ruang sidang utama Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol No. 29, Jakarta Pusat, Rabu (14/12/2022).

Penyerahan itu juga dihadiri oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh beserta jajaran Eselon II, para Komisioner, Sekjen, dan pejabat eselon KPU, serta berbagai pihak terkait lainnya.

DP4 yang diserahkan Wamendagri berjumlah 204.656.053 jiwa, terdiri dari laki-laki sebanyak 102.181.591 jiwa dan perempuan sebanyak 102.474.462 jiwa. Jumlah itu meliputi 38 Provinsi termasuk DOB Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Barat daya, serta 514 kabupaten/kota. 

Baca Juga: Kota Bandung Tambah 12 Unit Truk Sampah, Yana Harapkan Tidak Delay Lagi

Wamen John menyatakan, penyerahan DP4 menjadi salah satu proses penting dalam tahapan pemilu 2024. Dia mengatakan DP4 Pemilu 2024 berasal dari data kependudukan Semester I Tahun 2022 yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri.

"Kriteria penduduk yang masuk dalam DP4 adalah yang pertama WNI berusia 17 tahun, sudah kawin, dan sudah pernah kawin. Kedua bukan merupakan anggota TNI/Polri," ujarnya dilaman resmi Dukcapil Kemendagri (14/12).

"Usia 17 tahun DP4 dihitung sampai hari-H pemilu, yaitu 14 Februari 2024." tambahnya.

Baca Juga: Selamat! BI Kembali Pertahankan ISO Quality Management Kebanksentralan

Sementara data yang diserahkan Sahli Menlu Siti Nugraha Mauludiah untuk DP4 kepada KPU sebanyak 1.806.714 jiwa. Siti Nugraha Maulidiah mengatakan, pemutakhiran data WNI didukung penuh oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri dan Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. 

"Setelah proses pemutakhiran dan cleansing data tersebut, total data WNI yang kami serahkan hari ini sebagai DP4 sebanyak 1.806.714 jiwa, terdiri 1.064.755 perempuan, dengan 935 jiwa akan mencapai usia pemilih, dan 740.105 laki-laki dengan 990 jiwa yang akan mencapai usia pemilih," urainya.

Baca Juga:

-Inilah Tips Memilih Set Top Box dan Lokasi Penjualannya

-Daftar Nomor Urut Partai Politik Peserta Pemilu 2024

-Daftar 8 Tol Gratis Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2023

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, dengan penyerahan DP4 menandakan proses Pemilu terus berjalan. Dia menyebutkan, DP4 dapat menjamin warga negara menggunakan hak pilihnya saat Pemilu 2024.

"Kegiatan hari ini penyerahan DP4, baik di dalam negeri yang disampaikan oleh Kemendagri dan Kementerian Luar Negeri kepada KPU. Ini menunjukkan bahwa kegiatan pemilu terus berjalan dengan sesuai agenda yang sudah ditentukan," ujarnya.

Di sela-sela acara Dirjen Dukcapl Zudan Arif Fakrulloh menyatakan, setelah DP4 diserahkan KPU, dirinya berharap kerja sama teknis dapat terus berlanjut antara Kemendagri dengan KPU RI. Sebab, dinamika data kependudukan sangat tinggi. "Rata-rata penerbitan akta kematian per bulan selama tahun 2022 adalah 144.455, dan peristiwa pindah datang per bulan sejumlah 667.598 serta perubahan pekerjaan TNI/Polri," ungkapnya menguraikan.

Dengan demikian, perlu dilakukan pemutakhiran data ke lapangan dan updating data-data yang berubah akibat terjadinya peristiwa kependudukan. "Updating data dilakukan Ditjen Dukcapil, untuk kematian dan pindah datang secara rutin setiap 6 bulan sekali. Hal ini dimaksudkan agar data pemilih selalu up to date untuk menghasilkan data pemilih yang akurat dan berkualitas," demikian Dirjen Zudan Arif Fakrulloh menutup keterangannya.

(YI)

-Deddy Corbuzier Dianugerahi Pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI AD

Berita Terkait