BSI Peduli Lingkungan, Botol Plastik Jadi Uang Lewat Mesin RVM

Antrian warga di mesin RVM untuk melakukan penukaran botol plastik jadi uang / Foto: Dok. Humas BSI


BERITAINSPIRATIF.COM - Studi National Plastic Action Partnership tahun 2020, menempatkan Indonesia sebagai negara penyumbang sampah plastik terbesar urutan ke-2 di dunia, dengan volume sampah plastik sebesar 6,8 juta ton per tahun.

Dan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia menyebutkan bahwa sebanyak 72 persen masyarakat Indonesia masih tidak peduli akan pengelolaan sampah plastik yang dihasilkan.

Atas hal tersebut PT Bank Syariah Indonesia (BSI) berkomitmen dan ikhtiar untuk bersama-sama bisa mengurangi jumlah sampah plastik di Indonesia. Apalagi sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang sulit terurai bahkan membutuhkan waktu 50-100 tahun sampai benar-benar terurai.

Baca Juga:

-Daftar Penerima Penghargaan Piala Dunia 2022, Inggris Tim Fair Play

-Libur Nataru 2023, Diperkirakan 1,3 Juta Warga Kunjungi Kota Bandung

Melalui ajang Mandiri Jogja Marathon 2022, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap dampak yang ditimbulkan oleh sampah plastik pada lingkungan.

Corporate Secretary PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Gunawan Arif Hartoyo mengatakan, BSI akan terus berpartisipasi aktif dalam usaha-usaha pemerintah  mewujudkan program ekonomi hijau guna menjaga ekonomi berkelanjutan yang pro People, Planet, dan Profit (3P).

“Melalui ajang Mandiri Jogja Marathon 2022, BSI mengajak semua pihak untuk semakin peduli pada lingkungan, dimana salah satunya adalah mengurangi sampah plastik. Kami berharap, kehadiran BSI akan memberikan manfaat tidak hanya untuk kemajuan ekonomi, tetapi juga untuk masyarakat dan alam sekitar,” kata Gunawan melalui keterangan tertulis, Minggu (14/8/2022) lalu.

Baca Juga:

-Inilah Tips Memilih Set Top Box dan Lokasi Penjualannya

-Daftar Nomor Urut Partai Politik Peserta Pemilu 2024

-Daftar 8 Tol Gratis Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2023

-Ketua RW Diminta Update Aplikasi Sapawarga ke Jabar Super Apps

Untuk mengurangi sampah plastik, BSI melakukan kolaborasi dengan Plasticpay dan menempatkan reverse vending machine (RVM) di Hotel Ambarukmo,  kawasan Candi Prambanan serta di Kantor BSI Area Yogyakarta yang berlokasi di Jl. Jend. Sudirman No.42 dalam ajang Mandiri Jogja Marathon 2022.

“Nantinya masyarakat bisa berpartisipasi dengan menukarkan botol plastik dengan uang. Transaksi dilakukan melalui BSI Mobile, yang mana masyarakat bisa langsung membuka rekening BSI untuk dapat melakukan transaksi tersebut,” ucapnya.

Satu botol plastik dihargai Rp 2.000, dengan mengumpulkan 25 botol sudah dapat uang Rp 50.000.

Kampanye BSI ini, selain melestarikan lingkungan, juga menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk menabung dan menjadi nasabah BSI.

Semoga program ini terus berlanjut.

(Yanis)

-Deddy Corbuzier Dianugerahi Pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI AD

Berita Terkait