SBM ITB Leadership Night 2022, Ridwan Kamil: Dari Ganesha Bangun Jabar Juara

Foto: Akun Medsos @Ridwan Kamil, Rabu(21/12/2022)


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) Kampus Jakarta menghadirkan Mochamad Ridwan Kamil sebagai pembicara utama dalam acara Leadership Night tahun 2022 yang diselenggarakan pada hari Selasa (20/12/2022). Dalam acara yang dikemas secara bauran ini, RK atau Kang Emil, demikian Ridwan Kamil biasa disapa, membagikan perjalanan kepemimpinannya dalam membangun Jawa Barat dalam kapasitasnya sebagai Gubernur Jawa Barat.

Dibuka dengan sambutan dari Pelaksana Tugas Harian (Plt) Direktur Kampus Jakarta, Dr. Yos Sunitiyoso, yang menjelaskan keberhasilan SBM ITB mendapatkan akreditasi AACSB sehingga lulusannya yang berjumlah lebih dari 11.000 (2.675 diantaranya dari Kampus Jakarta) dapat dipersamakan dengan sekolah bisnis global lainnya. Yos juga membuka kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh pihak termasuk civitas akademika, mitra industri, dan pemerintah untuk terus berkolaborasi dengan SBM ITB sesuai semangat “flying together” yang dianut SBM ITB demi menjalankan misi ITB untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan berkelanjutan.

Baca Juga: Hari Ibu, Atalia Bersama Menteri PPPA Kunjungi Rumah Keluarga Fatmawati di Bengkulu

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik (WRAM) ITB sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Dekan SBM ITB, Prof. Jaka Sembiring, dalam sambutannya kembali mengingatkan agar SBM ITB terus menjalin kolaborasi baik dengan pihak eksternal dan internal serta lintas disiplin, agar mampu berperan aktif dalam pemecahan masalah yang ada di masyarakat untuk mempertegas peran ITB dalam memajukan bangsa dan negara. Prof. Jaka juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap Kang Emil sebagai alumni ITB "In Harmonia Progressio sebagai motto ITB sangat nyata mewarnai perjalanan Ridwan Kamil sebagai alumni ITB dalam memimpin. Sebagai seorang arsitek dan sempat menjadi dosen di almamaternya, nuansa harmoni dalam memimpin kota Bandung dan Jawa Barat untuk mencapai kemajuan (progress) bagi Indonesia sangat terlihat diterapkan olehnya. ITB berharap lebih banyak lagi peran alumni seperti beliau mewarnai pengabdian kepada bangsa dan negara."

Pada kuliah umum yang bertajuk “In Harmonia Progressio: Dari Ganesha Bangun Jabar Juara”, Ridwan Kamil atau Kang Emil menceritakan nilai-nilai kepemimpinan yang dianutnya dan mewarnai perjalanan karirnya sebagai seorang arsitek hingga kemudian terpilih sebagai walikota Bandung dan Gubernur Jawa Barat selama total 9 tahun serta berhasil menyabet 880 penghargaan. Tiga nilai fundamental yang menjadi pedoman Kang Emil, yaitu : Kepemimpinan itu Diniatkan untuk Ibadah, Kekuasaan Sifatnya Hanya Sementara, dan Komitmen untuk Memberikan Manfaat untuk Orang Banyak.

Baca Juga:

-Inilah Tips Memilih Set Top Box dan Lokasi Penjualannya

-Daftar 8 Tol Gratis Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2023

-Ketua RW Diminta Update Aplikasi Sapawarga ke Jabar Super Apps

Menurut Kang Emil, seorang pemimpin harus mampu mengukur hasil dan mengevaluasi kemanfaatan dari kepemimpinannya. Ada 2 ukuran penting yang dipraktekan oleh Kang Emil. Yang pertama adalah apakah secara personality, pemimpin dirindukan oleh rakyatnya, dimana hal ini akan ditentukan oleh gestur dan penampilannya. Faktor Personality ini menjadi penting karena saat ini seorang pemimpin dipilih oleh rakyatnya lebih karena faktor emosional.

“Saat ini jadi orang pintar saja tidak cukup untuk bisa menjadi seorang pemimpin yang berhasil. Harus mampu dekat dengan rakyatnya” tutur Kang Emil sembari menceritakan beberapa perubahan pola komuniksi di media sosial yang dilakukannya agar bisa lebih akrab dengan rakyat Jawa Barat. Namun demikian, di sisi lain ada pengukuran kedua yang tak kalah pentingnya terkait kualitas dari pengambilan keputusannya serta kebermanfaatannya yaitu seberapa besar daya transformasi seorang pemimpin.

Baca Juga: Forum RW Kota Bandung Sambangi DPRD, Minta Kenaikan Tarif PDAM Ditunda, Ini Hasilnya!

Kang Emil pada kesempatan tersebut juga membagikan beberapa kisah keberhasilannya dalam mengarungi situasi krisis Covid-19. Dengan bermodalkan kemampuan adaptif plus optimisme dan selalu positif thinking, pada akhirnya mampu mencetuskan ide-ide inovatif dan melakukan revolusi digital di semua aspek pemerintahan dan kehidupan warga Jawa Barat, baik di kota (smart city) maupun di desa (digital village) termasuk beberapa aplikasi yang sudah diluncurkan untuk meningkatkan produktivitas di berbagai industry misalnya perikanan dan pertanian (e-Fishery, Fish Finder, Drip Irrigation, dan penggunaan Drone untuk penyemprotan pestisida) termasuk peluncuran program Petani Millenial untuk menggalakan kembali industri pertanian di kalangan anak muda.

Di akhir kuliah umumnya, Kang Emil mengajak alumni ITB yang notabene para teknokrat untuk turut serta berkiprah sebagai kepala daerah karena saat ini baru sekitar 1 % saja dari total sekitar 500-an kepala daerah (walikota, bupati, dan gubernur) di seluruh Indonesia yang berasal dari Kampus Ganesha ini. Kang Emil juga mengingatkan bahwa potensi pengembangan Indonesia ke depan sangat besar terutama di bidang Energi Terbarukan. Namun, di sisi lain terdapat pula tantangan global warming dan berbagai isu terkait sustainability lingkungan yang harus segera diatasi, salah satunya dengan penggunaan Green Energy (yang telah dimulai dengan penggunaan kendaraan listrik). Kang Emil berharap credo dari ITB “In Harmonia Progressio” dapat lebih mewarnai kepemimpinan di Indonesia.

Acara Leadership Night sendiri merupakan acara tahunan yang dilakukan oleh SBM ITB Kampus Jakarta sebagai sarana untuk mendengarkan pandangan dari figur pemimpin dan pengambil kebijakan level nasional atas isu-isu yang tengah terjadi. Acara Leadership Night di tahun-tahun sebelumnya menghadirkan figur terkemuka seperti Kuntoro Mangkusubroto (2010), Jusuf Kalla (2011), Dahlan Iskan(2012), Gita Wirjawan (2013), Anies Baswedan (2014), Basuki Tjahaja Purnama (2015), Sri Mulyani (2016), Boediono (2017), Ignasius Jonan (2018), Susi Pudjiastuti (2019), Nadiem Makarim (2020), dan Budi Gunadi Sadikin (2021).

Dalam acara ini juga terdapat penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa, dosen, alumni, dan karyawan terbaik. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian mereka dalam dedikasi kegiatan belajar mengajar SBM ITB.

(Yanis)

-Deddy Corbuzier Dianugerahi Pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI AD

-Daftar Penerima Penghargaan Piala Dunia 2022, Inggris Tim Fair Play

-Libur Nataru 2023, Diperkirakan 1,3 Juta Warga Kunjungi Kota Bandung

Berita Terkait