Sejumlah Menteri Hadiri Pelantikan Prof Arif Satria Sebagai Rektor IPB University

dok. IPB University


Bogor, Beritainspiratif.com - Prof Arif Satria kembali dilantik menjadi Rektor IPB University untuk masa bakti 2023-2028. Pelantikan dilaksanakan di Grha Widya Wisuda (GWW), Kampus IPB Dramaga, (18/1).
 
Sejumlah pejabat negara diantaranya para Menteri turut hadir dalam acara pelantikan ini.  Secara khusus dalam pidatonya, Rektor menyebutkan inovasi-inovasi IPB University yang relevan untuk mendukung kementerian terkait. 
 
Dalam pidatonya Rektor menyebutkan siap men-support Kementerian Pertanian untuk bisa mensukseskan swasembada kedelai dan swasembada bawang putih. IPB University memiliki teknologi yang dapat menghasilkan 4,6 ton per hektar untuk kedelai. IPB University juga memiliki beras analog, beras dari jagung, beras dari sagu, sorgum dan rumput laut.
 
Kepada Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Rektor menyinggung tentang produksi rumput laut yang melimpah yang bisa dijadikan beras analog dan dapat mengurangi risiko penyakit diabetes. Lebih lanjut, ia membahas konsep pembangunan IPB West Java Innovation Valley di Jonggol dan IPB Maritime Innovation Valley di Pelabuhan Ratu yang merupakan bagian dari hilirisasi inovasi yang meliputi komponen riset, pendidikan, wisata, pembelajaran petani dan bisnis.

Baca Juga: Dibuka! Pendaftaran 30 Universitas Islam, 24 IAIN, dan 5 STAIN Tahun 2023 di Link Ini

Menanggapi hal tersebut Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan Kementerian Pertanian dengan IPB University harus sama-sama berkolaborasi. Terkait dilantiknya Prof Arif Satria, ia menyampaikan “Prof Arif Satria memiliki syarat menjadi pemimpin. Tidak hanya pemimpin di IPB University. Semoga IPB University semakin kuat dan Prof Arif Satria dapat menjadi penyambung kepemimpinan nasional yang semakin baik. Dia smart secara akademik dan memiliki komunikasi verbal kemanapun.” 
 
Apresiasi juga disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. Ia sangat bersyukur bisa menghadiri acara pelantikan Rektor IPB University, Prof Arif Satria.  “Prof Arif diakui kesuksesannya tidak hanya di internal kampus, tapi juga di seluruh Indonesia. Ini tercermin tingkat kehadiran para pejabat, tokoh masyarakat, peneliti, pemikir dalam pelantikan hari ini. Tidak banyak rektor perguruan tinggi yang mendapat apresiasi sebanyak ini. Mudah-mudahan menjadi modal IPB University menjadi center of excellence untuk Indonesia bahkan dunia. Prof Arif juga menginspirasi rektor-rektor di seluruh Indonesia,” ujarnya.  Terkait pidato Rektor IPB University yang menyebutkan pentingnya beradaptasi dengan perubahan, menurutnya, semua anak bangsa harus berubah menghadapi tantangan zaman.
 
“Pidato yang disampaikan tadi mencerminkan visi Indonesia, mudah-mudahan sukses,” ucapnya.
 
Ucapan selamat juga disampaikan oleh Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan (Mendag) RI. “Selamat, Prof Arif punya konsep terbaik. Jika masa jabatannya ditambah atau diperpanjang, saya percaya IPB university bisa jauh lebih hebat. IPB University akan lebih maju lagi. Kita doakan (Prof Arif) lebih sukses memimpin,” tuturnya. 

(YI) 

Baca Juga:

-Inilah 18 Fakta Menarik Tentang Masjid Al Jabbar

-KUHP Terbaru Ditandatangani Presiden, Download di Link Ini

-Pelat Nomor Kendaraan Akan Dipasang Chip dan QR Code

-Cara Aktivasi NIK Jadi NPWP Melalui Handphone

-Menag: Kuota Haji 2023 Sebanyak 221 Ribu, Tidak Ada Batas Usia

-Sanksi Bagi Pelaku Usaha yang Belum Bersertifikat Halal Sampai 2024

Berita Terkait