Milad Ke-XIII, Camat Arcamanik Ajak PMCB Jadi Partner Atasi Stunting dan ODF

Camat Arcamanik Willi Yudia Laksana saat memberikan sambutan pada milad ke-XIII Paguyuban Masyarakat Cinta Bandung (PMCB) Arcamanik di Tepas Cafe PMCB, Senin (27/2/2023) / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Paguyuban Masyarakat Cinta Bandung (PMCB) Arcamanik menggelar acara MIlad ke-XIII yang jatuh pada hari ini Senin 27 Februari 2023 dengan menggelar acara pengajian dan pembagian bantuan 100 paket sembako berlangsung di Taman Bantaran Kali Cisaranten PMCB  (Tepas  PMCB) Kelurahan Cisaranten Bina Harapan Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, Senin (27/2/2023).

Dipantau langsung Beritainspiratif.com di Lokasi acara, Ketua Panitia Pelaksana Tanu Wijaya menyampaikan bahwa kegiatan dalam rangka milad ke-XIII PMCB ini kegiatannya telah digelar sejak hari Jum’at (24/2/2023) lalu dengan berkolaborasi dengan LPM Arcamanik dan Dinas Bina Marga Kota Bandung melakukan kegiatan bebersih walungan, sampah dan pemasangan pagar di beberapa kebun.

“Ini merupakan inisiatif kita, agar secara estetika kebun terlihat tampak lebih bagus juga tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan,” ujar Tanu.

Baca Juga: Profil Brigjen Sandi Nugroho Lulusan Terbaik Akpol 1995 Promosi Kadiv Humas Polri

Selain itu PMCB juga melakukan kegiatan penanaman pohon, kontes ayam pelung yang diikuti oleh 150 peserta bukan saja dari Kota Bandung tetapi juga dari Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Purwakarta.

“Untuk acara milad hari ini diisi dengan siraman rohani, penyerahan bantuan 100 paket sembako dari PMCB untuk warga,” lanjutnya.

Pada bagian akhir Tanu Wijaya menyampaikan permohonan maaf dan doa mohon kesembuhan bagi anggota DPRD Kota Bandung Aan Andi Purnama dari Fraksi Partai Demokrat yang sedianya akan hadir namun tidak bisa hadir karena sedang sakit dan dirawat di rumah sakit.

Tonton Juga: Video Milad Ke-XIII PMCB Arcamanik

Sementara itu Camat Arcamanik Willi Yudia Laksana yang didampingi Lurah Cisbinhar dan Lurah Ciskul, dalam sambutannya menyampaikan atas nama kewilayahan Kecamatan Arcamanik dan 4 kelurahan yang ada di Kecamatan Arcamanik mengucapkan selamat milad ke-XIII kepada PMCB.

“Semoga di usia pencapaian ke-XIII PMCB ini, makin bisa hadir bersama-sama masyarakat dan membawa kebermanfaatan seluas-luasnya bagi masyarakat,” ujar Willy.

“Kedua, kami merasa bangga bahwa apa yang telah disampaikan Ketua Pelaksana (Tanu Wijaya,red) bahwa kegiatan  itu semata-mata tugas pemerintah. Bagaimana PMCB bersama masyarakat bisa melakukan berkolaborasi dengan kelurahan cisaranten bina harapan, dengan dinas DSDABM Kota Bandung untuk sama-sama membersihkan lingkungan, walungan yang menjadi ikon di wilayah ini, kami mengucapkan banyak terima kasih,” jelasnya.

Baca Juga: Mulai 26 Februari Tiket KA Mudik Lebaran sudah Bisa Dipesan, Ini Link-nya

Lebih lanjut Willi menyampaikan bahwa PMCB yang konsen terhadap lingkungan tentunya beririsan dengan kesehatan (stunting dan ODF) karena masih ada warga (388 warga, red) yang belum memiliki septictank dan ini ingin kita selesaikan di tahun 2023 ini.

“Maka hadirnya komunitas PMCB ini menjadi bagian dari kekuatan kita juga,” tutur Camat Arcamanik.

Mangga silahkan bagi siapapun, masyarakat kelas menengah ke atas yang belum memiliki septictank kita akan lakukan pemicuan sedikit banyak kita akan sedikit paksa.

“Dalam tanda kutip kita akan sedikit memaksa bersama polsek dan Danramil Arcamanik, bahwa septictank ini perlu dan harus,” katanya.

“Untuk masyarakat menengah ke bawah kita siapkan programnya melalui DPA Kelurahan, apakah itu septictank mandiri atau septictank komunal yang bisa menampung banyak rumah, kita akan fasilitasi itu,” lanjutnya.

Saya ingin di milad ini, PMCB mampu menjadi partner kami, secara bahu membahu melakukan kolaborasi khususnya yang ingin kita segerakan di tahun 2023 ini menyangkut kesehatan tadi. Bagaimana memerangi stunting, bagaimana memenuhi septictank (ODF).

“Saya ingin Pak lurah atau bu lurah dan Kasie Trantib, harus banyak diskusi lagi dalam rangka intervensi dibidang kesehatan yang menjadi kebutuhan kita,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama Ketua Umum PMCB Ato Sutarto dalam sambutannya menyampaikan bahwa didirikannya PMCB ini adalah dilandasi semangat ingin berkontribusi terhadap program pemerintah di kewilayahan.

“Gimana caranya PMCB ngarojong/ngadukung program pemerintah, yang berpihak terhadap kesehatan, kecerdasan, kesejahteraan, keamanan dan kenyamanan. Maka ketika kita melihat ada masyarakat yang tidak nyaman saya akan berkoordinasi dengan pihak keamanan/ kepolisian. Kami akan berfungsi sebagai sosial kontrolnya,” ujar Ato.

Ato mengungkapkan selama 13 tahun pihaknya selain membina PKL, Kami juga membina 16 kelompok yang ada di PMCB.

“Ada poktan, Depot air, warung nasi, ada ayam pelung, ada PAUD, ada Tepas Cafe yang alamnya kita jaga dan pelihara sejak 2010 silam, termasuk Koperasi dan lainnya,” katanya.

“PMCB di area wilayah Arcamanik ini, kita sudah tanam lebih dari 1.000 pohon sebagai kontribusi terhadap RTH yang dibutuhkan Pemkot Bandung,” lanjutnya.

“Saya selalu meminta kepada anggota PMCB, untuk selalu jaga semangat dan peduli agar tetap menjaga lingkungan kita,” tegas Ato Sutarto.

Ato melanjutkan, dari sekian tahun iuran yang dikelola, alhamdulillah Pak Camat setiap tahunnya kita bisa sisihkan untuk berbagi terhadap sesama.

“Izinkan saya sebagai Ketua Umum PMCB, mengucapkan terima kasih dan berdoa terhadap yang hadir disini termasuk orang yang bersyukur terhadap nikmat Allah, sehingga ditambah nikmatnya oleh Allah SWT,” pungkasnya.

Acara diakhiri dengan penyampaian 100 bingkisan berupa paket sembako kepada warga yang berhak.

Sebelumnya di awal acara, hadirin disuguhin dengan berbagai hiburan yang dibawakan oleh anak-anak PAUD A dan B dari PMCB, Alumni, dan tarian dari ibu-ibu PMCB.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Masjid Raya Al Jabbar DITUTUP SEMENTARA Selama 2 Pekan

-Mulai 1 Maret Kemenhub Buka Mudik Gratis Motor & Penumpang, Daftar di Link Ini!

-Pemkot Bandung Berikan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian Bagi Ketua RT RW

-Mulai Besok 26 Februari Tiket KA Mudik Lebaran Bisa Dipesan, Ini Link-nya

-Raker 2023 Ditutup, Forum RW Akan Gelar Silaturahmi RT RW Se-Kota Bandung

-Tol Cisumdawu Mulai 28 Februari Resmi Berbayar, Ini Daftar Tarifnya

             

Berita Terkait