Presiden Resmikan RS Mayapada Kota Bandung, Ini Keunggulannya!

Rumah Sakit Mayapada Kota Bandung yang diresmikan Presiden Jokowi, Senin (6/3/2023) / Humas Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Wali Kota Bandung, Yana Mulyana yang hadir mendampingi Presiden Jokowi menyambut positif kehadiran Rumah Sakit Mayapada sebagai salah satu fasilitas kesehatan yang ada di Kota Bandung.

Kota Bandung menambah fasilitas kesehatan. Terbaru, Rumah Sakit Mayapada di Jalan Terusan Buahbatu diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Senin 6 Maret 2023.

Ia berharap, hadirnya Rumah Sakit Mayapada dapat mendukung Kota Bandung tumbuh sebagai Health Tourism. Kata Yana, Kota Bandung memiliki iklim yang sehat dan daya dukung yang baik untuk masyarakat yang sedang menjalani pengobatan.

"Harapan pak Presiden Bandung bisa menjadi health tourism. Tidak perlu lagi ke luar negeri (untuk berobat),” ujar Yana.

Ia juga menjelaskan, Rumah Sakit Mayapada memiliki layanan BPJS yang juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Arahan pak Presiden juga tadi agar Rumah Sakit Mayapada bisa melayani BPJS dan memang sudah melayani,” katanya.

Baca Juga: Menkes Ingin Tumbuhan Kelor Jadi Herbal Terbaik Khas Indonesia Seperti Ginseng Korea

Baca Juga: Bidang Humas Polda Jabar Raih Penghargaan Publikasi Terbanyak

Ia berharap kehadiran Rumah Sakit Mayapada bermanfaat, khususnya bagi masyarakat Kota Bandung. Untuk diketahui, rumah sakit ini terletak di Jalan Terusan Buahbatu, Kota Bandung.

“Letaknya memang agak ke selatan wilayah Kota Bandung. Saya juga melihat tadi gedungnya bagus, mengusung konsep 'green building'. Pencahayaan mataharinya bagus, sirkulasi udaranya bagus. Dan fasilitasnya sebagai rumah sakit umum sudah bagus. Banyak dokter spesialisnya di sini,” beber Yana.

Sementara itu, Presiden Jokowi berharap, masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri untuk penyembuhan.

Menurutnya, kini di Indonesia sudah banyak rumah sakit dengan teknologi dan fasilitas yang memadai untuk masyarakat mengakses layanan kesehatan.

“Menurut informasi yang saya terima, 2 juta masyarakat kita masih berobat ke luar negeri. Padahal, di Indonesia sudah ada rumah sakit yang sebagus ini,” ucapnya.

Baca Juga: Tahun Ini Pemkot Bandung Akan Bangun 4 Kolam Retensi, Ini Lokasinya

Jokowi juga memuji konsep Rumah Sakit Mayapada yang mengusung "green building". Ia berharap, fasilitas dan daya dukung di rumah sakit ini terus beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan akses layanan kesehatan.

Sebagai informasi, peresmian tersebut juga dihadiri Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum, serta pejabat di Kementerian Kesehatan, Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung. **

Profil Mayapada Hospital

Dilansir ANTARA dan situs Mayapada Hospital, Rumah Sakit Mayapada berlokasi di Jalan Terusan Buah Batu No 5, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung. 

Terdiri dari bangunan 14 lantai di tanah seluas 16.274 m2 dengan kapasitas 298 bed dengan menyediakan kamar kelas presiden suite hingga general atau kelas 3.

Baca Juga: Mulai 20 Maret Pemerintah Berikan Subsidi Motor Listrik Rp7 Juta Per Unit

Mayapada Hospital Bandung memiliki empat pelayanan center of excellence.

Pertama adalah Oncology Center. Layanan ini secara komprehensif dan multi spesialisasi yang berkerja sama memberikan pelayanan menyeluruh kepada pasien kanker.

Mulai dari deteksi dini, diagnosis, penetapan terapi, sampai dengan operasi dan pemulihan pasca pengobatan kanker yang diderita oleh pasien. 

Kedua adalah Cardiovascular Center. Pelayanan ini mengintegrasikan penanganan gangguan jantung yang didukung dokter spesialis jantung intervensi sampai spesialis bedah jantung.

Ketiga, layanan Tahir Neuroscience Center, layanan ini untuk pasien dengan gangguan saraf akan ditangani secara komprehensif dengan didukung dokter spesialis syaraf dan dokter spesialis bedah syaraf.

Keempat, memiliki layanan Tahir uro-nephrology center yang menyediakan layanan terpadu untuk ginjal dan saluran kemih dengan didukung kombinasi dokter spesialis urologi dan dokter spesialis ginjal dan hipertensi.

Selain itu, Mayapada Hospital Bandung juga memiliki layanan emergency yang standby 24 jam dan sudah terintegrasi dengan faktor penunjang lainnya, seperti radiologi, laboratorium yang tersedia 24 jam, dan emergency.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News

(RV) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Mulai 1 Maret Kemenhub Buka Mudik Gratis Motor & Penumpang, Daftar di Link Ini!

-Mulai Besok 26 Februari Tiket KA Mudik Lebaran Bisa Dipesan, Ini Link-nya

-Aplikasi PeduliLindungi Jadi SATUSEHAT, Ini Kelebihan & Cara Mengubahnya!

-Begini Tips Menghadapi Debt Collector

-Cara Masuk Aplikasi SATUSEHAT Via Handphone, Pengganti PeduliLindungi

Berita Terkait