Helatan Sawala Mapag Sunda Kahareupna Akan Bahas Isu Strategis Kasundaan



BERITAINSPIRATIF.COM - Forum Sunda Ngahiji akan menyelenggarakan kegiatan “Sawala Mapag Sunda Kahareupna” dengan agenda utama diskusi bersama pembahasan sejumlah isu strategis di Unpad Jl Dipatiukur, Sabtu (19/8/20230) pagi.

Prof. Ganjar Kurnia, Sesepuh Sunda sekaligus penyelenggara kegiatan, mengatakan, diskusi isu strategis, antara lain, mencakup bahasan Strategi Kebudayaan Sunda, Ngaronjatkeun Ekonomi Sunda, Nyaah ka Sarakan (Persoalan lingkungan hidup dan agraria Sunda), serta Adeg-Adeg Sareng Tantungan Sunda (Sikap dan posisi Sunda menghadapi situasi eksisting).

"Acara ini akan memastikan peta jalan cita-cita pendahulu suku bangsa Sunda, bahwa persatuan nasional antar suku-suku bangsa di Nusantara yang telah terbina sejak dahulu kala, tetap terjaga dan utuh," katanya dalam keterangan pers, Rabu (16/8/2023).

Baca Juga: Presiden RI Kukuhkan 76 Anggota Paskibraka Tahun 2023, Berikut Daftarnya!

Apalagi, kata dia, koridor keutuhan saat ini sudah dibingkai dalam bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia namun harus selalu dipastikan sesuai cita-cita Proklamasi, Pembukaan UUD 1945, dan UUD 1945 yakni menciptakan Indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur

Menurut dia, acara dan agenda tersebut juga diselenggarakan guna memastikan cita-cita Suku Bangsa Sunda untuk menjadi suku yang mulia sekaligus pendorong terciptanya Nusantara yang jaya (Sunda Mulia Nusantara Jaya) sebagaimana dicita-citakan Oto Iskandar Dinata dan Ir . Djuanda Kartawijaya.

"Kegiatan ini juga diselenggarakan selaras Perayaan Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia serta Hari Ulang Tahun ke-78 Penetapan Provinsi Jawa Barat pada 19 Agustus 1945," katanya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Canggih! Kamera CCTV di Kota Bandung Kini Mampu Mendeteksi Wajah

-AMSI AWARDS 2023 Akan Digelar di Kota Bandung

-Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Beroperasi 18 Agustus 2023, Ini Rutenya!

-Daftar BURUAN SAE Penerima Anugrah Insan Pangan & Pertanian Kota Bandung

-LUAR BIASA! Usia 25 Wiwit Nurhidayah Sandang 4 Gelar Akademik Sekaligus

-SUKAMISKIN Juara 2 Lomba Kelurahan Tingkat NASIONAL Tahun 2023

Berita Terkait