Kota Bandung Gelar Istighosah, Salat Ghaib, Doa dan Donasi untuk Palestina

Ribuan warga Kota Bandung menggelar istighosah, salat ghaib, dan doa bersama sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina di Masjid Al Ukhuwah, Jumat 24 November 2023 / Humas Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Dukungan terhadap Palestina kian mengalir deras dari seluruh dunia. Tak terkecuali ribuan warga Kota Bandung yang menggelar istighosah, salat ghaib, dan doa bersama sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina di Masjid Al Ukhuwah, Jumat 24 November 2023.

Istighosah dan Salat Ghaib bertajuk 'Dari Bandung untuk Palestina' yang berlangsung khidmat tersebut diinisiasi Pemerintah Kota Bandung bersama dengan Kementerian Agama Kota Bandung, Baznas Kota Bandung, MUI Kota Bandung dan FKUB Kota Bandung.

Acara tersebut dihadiri langsung Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna dan Forkopimda Kota Bandung.

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengajak seluruh masyarakat untuk terus memanjatkan doa untuk rakyat Palestina, dengan harapan mereka diberikan pertolongan dan perlindungan.

"Meskipun tidak bisa berangkat ke Palestina, tapi mari terus mendoakan saudara-saudara kita di Palestina," katanya.

"Melalui doa-doa yang dipanjatkan untuk saudara kita di Palestina, semoga menjadi jembatan doa kepada Allah untuk senantiasa memberi perlindungan bagi mereka," imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan Kementerian Agama Kota Bandung selaku perwakilan penyelenggara, Ucup Pathudin Al Maarif menyebut doa bersama dan aksi solidaritas sebagai bentuk dukungan Kota Bandung agar tidak ada lagi konflik dan penjajahan di Palestina. 

"Ini sebagai bentuk tanggung jawab dan solidaritas kita kepada warga Palestina. Mudah-mudahan semangat Konferensi Asia Afrika (KAA) dapat kita gelorakan kembali dari Bandung untuk dunia. Ini juga sebagai bentuk tanggung jawab konstitusional kita untuk menghapuskan penjajahan di atas dunia," kata dia.

Baca Juga: Kota Bandung Edukasi Stunting Lewat Film 'Cita-Cita Bunda'

Baca Juga: Kota Bandung Komitmen Wujudkan Pemilu 2024 Kondusif, Tertib, Aman dan Santun

Selain melaksanakan istighosah dan Salat Ghaib, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar doa lintas agama sekaligus menggalang dana masyarakat untuk warga Palestina berlangsung di Plaza Balai Kota, Jumat 24 November 2023. Donasi yang terkumpul nantinya akan disalurkan ke warga Palestina melalui Baznas Kota Bandung.

Pada kesempatan ini, Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengajak semua pihak di Kota Bandung berdoa dan menyisihkan rezekinya untuk saudara-saudara di Palestina.

"Mari dukung saudara kita di Palestina dengan doa dan donasi," ajaknya.

Ia percaya, doa dan kebaikan yang diberikan oleh masyarakat dan pegawai Pemkot Bandung akan sangat bermanfaat dan membawa keberkahan bagi rakyat Palestina.

Selain itu, Bambang juga menyampaikan terima kasih atas kolaborasi seluruh pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini. Menurutnya, aksi solidaritas ini menunjukkan kekompakan Kota Bandung kepada dunia.

Baca Juga: RAFFI AHMAD Berbagi Tips Sukses Berbisnis kepada Mahasiswa SBM ITB

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung, Abdurahim menyebut kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian seluruh lapisan masyarakat Kota Bandung terhadap rakyat Palestina.

Untuk diketahui, selain di Plaza Balai Kota, acara ini juga digelar serentak di 30 Kecamatan Kota Bandung.

"Warga Kota Bandung selalu berdoa untuk saudara saudara kita di Palestina. Kita tidak senang kepada peperangan, radikalisme, dan penjajahan. Kita cinta damai," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Baznas Kota Bandung, Akhmad Rozikin menyebut, dalam kegiatan ini juga dilakukan penggalangan donasi spontan bagi rakyat Palestina.

Adapun data yang diterima Humas Kota Bandung, total hasil donasi spontan kepedulian untuk Palestina mencapai Rp426.740.525.

"Penggalangan donasi hingga 15 Desember 2023. Nanti pemerintah akan mengeluarkan edaran. Ini sifatnya imbauan, jadi untuk mengasah empati kita terhadap saudara-saudara di Palestina," ujar Rozikin.

Sebagai informasi, bagi warga yang ingin berdonasi dapat menyalurkannya melalui Baznas Kota Bandung dengan nomor rekening BSI 644.666.6606 atas nama Baznas Kota Bandung. 

Setelah itu, donatur bisa langsung melakukan konfirmasi melalui nomor WhatsApp 0811-2251-717. **

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(RV) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Pemkot Bandung Gelar Pasar Murah di 30 Kecamatan, Ini Jadwalnya!

-Kenali, Inilah 27 NAMA JALAN BARU di Kabupaten Garut

-Pemkot Bandung Raih Penghargaan ODF 100 Persen

-Disnaker Kota Bandung Hadirkan 4.000 Bursa Lowongan Kerja 2023, Ini Linknya!
-Pemkot Bandung Bangun Hanggar Budidaya Maggot di 151 Kelurahan

-23 ASN Pemkot Bandung Raih Penghargaan ASN Berprestasi Tahun 2023, Ini Daftarnya!

Berita Terkait