Komitmen pada Lansia, Pemkot Bandung Raih Penghargaan dari Pj Gubernur Jabar

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin saat menyerahkan penghargaan kepada Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono di Halaman Depan Gedung Sate Bandung, Rabu 19 Juni 2024.


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2024 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 yang berlangsung di Halaman Depan Gedung Sate Bandung, Rabu 19 Juni 2024.

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) merupakan sebuah ikhtiar dari Negara Republik Indonesia untuk mengapresiasi semangat jiwa raga serta menghargai peran penting dan strategi para lanjut usia di Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

Dalam upacara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2024 tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meraih penghargaan atas komitmennya pada kesejahteraan masyarakat lanjut usia (Lansia) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin dan diterima oleh Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono.

Dikatakan oleh Bambang, bahwa penghargaan dari Pemprov Jabar ini merupakan bukti kerja nyata atas kinerja Pemkot Bandung dalam menyejahterakan masyarakat terutama Lansia.

"Penghargaan ini tentunya akan menambah motivasi bagi Pemkot Bandung untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat terutama Lansia," ungkapnya.

Baca Juga: Di Era Modern, KOMUNITAS HONG Jaga 240 Jenis Permainan Tradisional di Kota Bandung

Dikatakan lebih lanjut oleh Bambang, bahwa Pemkot Bandung berkomitmen menyejahterakan sekitar 880 ribu lansia dengan berbagai program. Tiap kecamatan memiliki Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Sahabat Lansia yang siap melayani lansia.

Selain itu Kota Bandung juga telah mendeklarasikan diri sebagai Kota Ramah Lansia dan telah membuka delapan sekolah lansia yang menawarkan layanan kesehatan dan cara mengatasi masalah kesehatan di hari tua.

Di Kota Bandung saat ini, terdapat 8 Sekolah Lansia yang berlokasi di Kecamatan Antapani, Sukajadi, Ujungberung, Cinambo, Lengkong, Bandung Wetan, Sumur Bandung, dan Kecamatan Astanaanyar.
 

Bukan itu saja, Pemkot Bandung juga menyediakan layanan kesehatan untuk pemeriksaan tekanan darah, gizi, dan gula, serta layanan administrasi kependudukan seperti pembuatan akta kelahiran, akta/buku nikah, kartu tanda penduduk (KTP), dan kartu keluarga (KK).

"Kita selalu berkolaborasi dengan Lembaga Lansia Indonesia (LLI) melakukan rehabilitasi sosial, perlindungan dan jaminan sosial, serta pemberdayaan sosial," pungkas Bambang.

Baca Juga: Canggih! Tilang Elektronik ETLE Berbasis Pengenalan Wajah, Resmi Diluncurkan

Di kesempatan yang sama, Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengatakan, melalui tema "Nu Anom Rumawat Nu Sepuh Harebat", semua generasi muda diingatkan untuk merawat dan menghormati para Lansia.

"Pemprov Jabar mempunyai Perda terkait penyelenggaraan lanjut usia. Dalam implementasinya pemerintah membutuhkan peran aktif dari seluruh pemangku kepentingan untuk menghadirkan kesejahteraan bagi para Lansia," pesannya.

Selain penghargaan kepada Kota Bandung, penghargaan juga diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Kota yang komitmen pada kesejahteraan lansia, Posyandu Ramah Lansia, koperasi lansia, layanan terbaik bagi lansia di dalam panti, lansia berprestasi dan fasilitas kesehatan ramah lansia. **

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(AA) 

-Nomor SIM Kendaraan Berubah Jadi Nomor NIK KTP, Berlaku di Negara ASEAN

-Resmi! Mulai 1 Juli Bikin SIM Wajib Punya BPJS Kesehatan

-Wahyudin KIM Jatihandap, Terpilih sebagai Ketua FK KIM Kota Bandung 2024-2027

-Inilah Rangkaian Acara Hari Jadi ke-214 Kota Bandung hingga Bulan Oktober 2024

Berita Terkait