UNPAD Tetapkan 3 Calon Rektor Masa Bakti 2024- 2029

tiga Calon Rektor Unpad periode 2024-2029 dalam acara jumpa pers di ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Sabtu (22/6/2024). (Foto: Kanal Unpad/Dadan Triawan)*


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Berdasarkan hasil Sidang Pleno Tertutup Majelis Wali Amanat yang digelar Jumat (21/6/2024) kemarin, Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor (P3R) Universitas Padjadjaran berhasil menetapkan tiga Calon Rektor Unpad Periode 2024-2029.

Pengumuman tiga Calon Rektor Unpad tersebut dilakukan P3R Unpad saat menggelar jumpa pers dengan para wartawan di Ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Sabtu (22/6/2024).

Secara abjad, tiga Calon Rektor Unpad yang ditetapkan tersebut tersebut, yakni:

1. Prof. Arief S. Kartasasmita, dr., Sp.M(K), M.Kes., PhD; - Guru Besar pada Fakultas Kedokteran, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

2. Prof. Popy Rufaidah, MBA, PhD; - Guru Besar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Pusat Unggulan Unpad BUMN Center of Excellence

3. Prof. Dr. med. Setiawan, dr. - Guru Besar Fakultas Kedokteran yang saat ini menjabat sebagai Dekan Sekolah Pascasarjana.

"Tiga Calon Rektor Unpad tersebut selanjutnya akan mengikuti Sidang Pleno Terbuka yang dijadwalkan akan digelar secara hybrid dari Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, pada 2 Juli mendatang. Sidang Pleno Terbuka tersebut dihadiri sivitas akademika dan tenaga kependidikan Unpad," jelas Ketua P3R Unpad Duta Besar Nadjib Riphat Kesoema dilansir laman resmi Unpad.

Baca Juga: Ketua MWA berharap REKTOR Terpilih Bisa Bawa UNPAD Jadi Top 300 Dunia

Tiga Calon Rektor Unpad tersebut akan melakukan diskusi dan menyampaikan berbagai program kerjanya di hadapan sivitas akademika dan tenaga kependidikan.

Dari hasil Sidang Pleno Terbuka tersebut, kata Dubes Nadjib, MWA Unpad akan menggelar Sidang Pleno Tertutup yang digelar pada 4 Juli 2024.

Sidang pleno tertutup ini akan menentukan siapa Rektor terpilih Unpad periode 2024-2029.

“Pengumuman Rektor terpilih sendiri akan diumumkan pada 5 Juli 2024. Pelantikan Rektor sendiri akan digelar pada 7 Oktober 2024 mendatang,” kata Dubes Nadjib.

Baca Juga: Propam Polri: Masyarakat Bisa Adukan Polisi yang Main Judi Online ke Nomor Hotline Ini

Sementara itu, Wakil Ketua MWA Unpad Prof. Dr. Arry Bainus, M.A., menjelaskan, ada target-target yang diberikan MWA Unpad kepada Rektor terpilih. Pertama, peringkat Unpad dapat naik ke 300 besar dunia pada 2029. 

“Untuk itu, Calon Rektor diminta menyiapkan strategi dan program selama lima tahun ke depan berkenaan dengan pencapaian ranking 300 dunia,” ujar Prof. Arry.

Target kedua peningkatan income Unpad sebesar Rp 3 T. Target ketiga, penyusunan desain organisasi baru Unpad yang mampu mewujudkan target pencapaian peringkat 300 dunia. Target terakhir, peningkatan remunerasi Unpad sebesar 120 persen. 

Baca Juga: PPDB JABAR 2024: Kelulusan Peserta Didik Dianulir Jika Ada Kecurangan

Selain itu, Rektor terpilih juga didorong untuk melanjutkan program-program yang sudah berjalan, salah satunya adalah program Unpad menuju hybrid university.

Prof. Arry juga mengapresiasi capaian yang sudah dilakukan pada masa kepemimpinan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, seperti pencapaian Unpad masuk 500 perguruan tinggi dunia, perolehan dana abadi, serta pencapaian income Unpad sebesar Rp 1,5 T.

“Maka dengan target Rektor ke depan, kami pikir masih logis dan rasional asal dengan strategi dan program yang tepat,” pungkasnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

-Nomor SIM Kendaraan Berubah Jadi Nomor NIK KTP, Berlaku di Negara ASEAN

-Resmi! Mulai 1 Juli Bikin SIM Wajib Punya BPJS Kesehatan

-Wahyudin KIM Jatihandap, Terpilih sebagai Ketua FK KIM Kota Bandung 2024-2027

-Inilah Rangkaian Acara Hari Jadi ke-214 Kota Bandung hingga Bulan Oktober 2024

Berita Terkait