CIHAURGEULIS Siap Jadi Juara Lomba Kelurahan Tingkat Jabar 2024, Ini Keunggulannya!

Penyambutan Tim Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat saat tiba di Kantor Kelurahan Cihaurgeulis Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung, Selasa (25/6/2024) / KIM Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Kelurahan Cihaurgeulis Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung dilakukan penilaian langsung oleh Tim Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat berlangsung di Kantor Kelurahan Cihaurgeulis,Selasa (25/6/2024). Kunjungan tim penilai ini merupakan rangkaian dari penilaian setelah Kelurahan Cihaurgeulis mewakili Kota Bandung melaju ke lomba kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat

Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Kota Bandung memiliki berbagai inovasi dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat untuk siap menjadi juara pada perlehatan lomba kelurahan tingkat provinsi Jawa Barat tahun 2024.

"Di kelurahan ini telah hadir Kampung Sablon hingga produk unggulan kewilayahan yang mampu membuka lapangan kerja dan meningkatkan potensi ekonomi," papar Bambang.

Baca Juga: SUKAMISKIN Borong Penghargaan Lomba Kelurahan Tahun 2023

Bambang mengatakan, kehadiran Kampung Wisata Sablon disini dapat membantu menangani inflasi. Ditambah dengan adanya produk unggulan UMKM di antaranya konveksi, daur ulang kertas dan koran, produk berbahan baku bonggol jagung, snack Bu Oting dan kerupuk DDN.

"Kita hitung juga persentase balita stunting di Kelurahan Cihaurgeulis yaitu 5.51 persen atau 14 balita. Sementara untuk penanganan sampah 786,92 ton berhasil diolah," terangnya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Bandung: ASN yang Bermain Judi Online Akan Ditindak Tegas

Dikatakan lebih lanjut, bahwa di Kelurahan Cihaurgeulis ini juga terdapat inovasi Kangbursah yaitu Kang Pisman, Buruan Sae dan Bank Sampah. Termasuk juga Epa Geulis yaitu Efektivitas Pelayanan Administrasi Kelurahan Cihaurgeulis.

"Inovasi ini dihadirkan untuk memudahkan warga membuat perusahaan hanya dengan melalui gadget lewat WhatsApp," jelasnya.

Bukan itu saja, di kelurahan ini juga hadir Jawara Manis yaitu Jaga Wilayah Bersama Warga dan Satlinmas Cihaurgeulis.

"Ini menjaga keamanan dan ketertiban serta ikut berpartisipasi dan monitoring ke wilayah warga," tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Lurah Cihaurgeulis, Agi Koswara mengaku pihaknya berupaya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera melalui kelurahan yang berkualitas.

"Soal infrastruktur, kita perbaikan jalan, drainase, Kita juga atasi masalah stunting dan membina koperasi," terangnya.

Baca Juga: Kendalikan Laju Inflasi, Inilah Provinsi, Kabupaten/Kota Peraih Penghargaan TPID

Lebih lanjut Agi mengatakan, di Kelurahan Cihaurgeulis kami memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk menjajarkan hasil produksi di kantor kewilayahan yang diberi nama Gamis atau Galeri Mini UMKM Cihaurgeulis.

"Tempatnya di kantor kelurahan. Ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap produk yang ada di wilayah. Membantu pelaku UMKM mempromosikan untuk menjual produk unggulannya," kata Agi.

Menanggapi hal itu, Ketua Tim Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat, Lisa Avianty mengapresiasi terobosan yang telah dilakukan oleh Pemkot Bandung.

"Lomba ini bukan asal-asalan. Ada proses tahapan evaluasi soal tata kelola pemerintahan yang dilakukan setiap organisasi. Kita secara detail memberikan penilaian," tegasnya.

Ditambahkan Lisa, saat ini lomba telah memasuki tahapan penilaian langsung dengan meninjau berbagai potensi yang ada di wilayah. Ia harap kepala kewilayahan mampu menjelaskan berbagai potensi yang ada sebagai penilaian.

"Kami harap lurah camat bahkan kepala OPD mampu menjelaskan berbagai potensi yang nanti kita tinjau," tuturnya.

Usai kegiatan seremonial, tim penilai meninjau ke berbagai tempat seperti Kampung Wisata Sabon, kunjungan ke UMKM Bonggol Jagung RW 10, Kunjungan Posyadu dan kunjungan ke Kangbursah (Kang Pisman, Buruan Sae dan Bank Sampah).**

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(RV) 

-Nomor SIM Kendaraan Berubah Jadi Nomor NIK KTP, Berlaku di Negara ASEAN

-Resmi! Mulai 1 Juli Bikin SIM Wajib Punya BPJS Kesehatan

-Wahyudin KIM Jatihandap, Terpilih sebagai Ketua FK KIM Kota Bandung 2024-2027

-Inilah Rangkaian Acara Hari Jadi ke-214 Kota Bandung hingga Bulan Oktober 2024

Berita Terkait